5 Pintu Rezeki dalam Islam dari Allah SWT

Runimas.com – Pintu rezeki dalam Islam. Umat muslim bisa mendapatkan rezeki yang bersumber dari mana saja, karena pintu rezeki yang dibuka untuk masing-masing manusia dan diberikan oleh Allah SWT berbeda-beda jalannya.

pintu rezeki dalam islam

Anda mungkin mengira rezeki itu hanya berupa uang atau materi lainnya. Padahal, Islam telah menjelaskan secara gamblang soal rezeki di dalam Al-Qur’an, pintu rezeki itu bermacam-macam, sehingga tidak hanya berupa harta dan benda, tetapi juga banyak hal lainnya.

Namun yang jelas Islam mengajarkan bahwa rezeki itu datangnya dari Allah SWT. Walaupun manusia bekerja keras dan bekerja, semua termasuk rezeki sudah ditentukan oleh Allah SWT. Sehingga, manusia dianjurkan untuk mencari sebanyak mungkin.

Di sini kami akan menjelaskan sedikit informasi mengenai beberapa sumber pintu rezeki dalam agama Islam yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya. Anda dapat melihat informasinya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Sumber Pintu Rezeki Allah SWT dalam Agama Islam

Menurut situs swarakyat.id, ini dia beberapa sumber pintu rezeki dalam Islam yang harus diketahui oleh manusia. Berikut ulasannya yang bisa kita simak bersama-sama dan menjadi referensi untuk memperoleh rezeki di dunia.

1. Pintu Rezeki Dijamin Allah

Padahal, kehidupan semua makhluk hidup di bumi ini dijamin oleh Allah SWT. Jadi, sebagai Anda manusia, tidak perlu khawatir merasa kekurangan, karena Tuhan menjamin selalu mencukupi.

Hal ini tertera dalam Alquran Surat Hud ayat 6 yang berbunyi, “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).”

2. Rezeki Karena Berusaha

Pintu rezeki selanjutnya yang dijelaskan dalam Al-Qur’an adalah rezeki usaha. Kuncinya adalah orang tetap harus bekerja keras, meskipun Tuhan telah menjamin mata pencaharian. Tidak ada di dunia ini yang dicapai dalam semalam, termasuk menghasilkan uang untuk menghidupi keluarga. Berusaha keras melalui pekerjaan atau bisnis.

Allah SWT berfirman, “dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna,” (QS. An-Najm ayat 39-41).

3. Rezeki Karena Memohon Ampun

Para Anda pasti setuju bahwa mungkin ada banyak tantangan dalam proses mencari makanan. Baik itu untuk mencari nafkah melalui pekerjaan atau berbisnis, setiap orang memiliki kendalanya masing-masing. Ujian mencari rezeki pun datang, mungkin karena banyak melakukan keburukan.

Hal ini karena Allah SWT akan membukakan pintu rezeki kepada hamba-Nya yang beristighfar. Sebagaimana firman Allah dalam dalam Quran Surat Nuh ayat 10-12 yang artinya, “Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (istighfar), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

4. Pintu Rezeki Karena Bersyukur

Pintu rezeki lain yang tercantum dalam Al-Qur’an adalah bersyukur kepada Allah atas rezeki. Dengan selalu bersyukur, Allah SWT juga akan mendatangkan makanan bagi umatnya. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an berikut ini.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7).

5. Rezeki Karena Sedekah

Pintu lahir dari sedekah sudah banyak dAndaktikan oleh umat Islam. Hal ini karena ketika sedekah dilakukan dengan ikhlas, Allah SWT akan mengganti sedekah yang sudah diberikan dengan rezeki yang berlipat ganda. Sedekah tidak hanya bisa membawakan makanan, tapi juga bisa menjadi cara bagi umat Islam untuk saling bersilaturahmi. Jadi, jangan ragu untuk bersedekah, karena pendekatan ini membawa banyak hikmah bagi para Anda.

Hal ini telah diterangkan dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 245 yang berbunyi, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pintu rezeki dalam Islam yang bisa diikuti oleh umat muslim,pintu rezeki berdagang,10 pintu rezeki dalam islam,rezeki itu masuk dari beberapa pintu adapun pintu rezeki yang terbesar adalah,pintu rezeki ada berapa,pintu rezeki ada 13,apa saja 10 pintu rezeki,12 pintu rezeki,8 pintu rezeki menurut islam.

Baca: