Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Puasa Wungon, Pengertian, Manfaat

Runimas.com - Puasa wungon. Banyak orang menyebut bahwa wungon merupakan tingkatan puasa paling tinggi dalam ilmu kejawen untuk mendapatkan kesempurnaan atau ajian pamungkas dibanding puasa-puasa lainnya.

puasa wungon

Bahkan puasa atau tirakat wungon disebut juga puasa untuk menyempurnakan tirakat tapa atau lelakon kejawen lainnya, lebih sulit dari puasa ngableng, puasa ngrowot, ataupun puasa pati geni. Memang benar bahwa untuk mengerjakan puasa ini dibutuhkan kesiapan tidak hanya fisik, melainkan juga mental.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara mengerjakan puasa wungon mulai dari pengertian atau definisi, niat doa atau mantra, hingga manfaat, khasiat, atau keutamaan yang diperoleh bagi yang menunaikannya. Silahkan simak.

Pengertian Puasa Wungon

Puasa wungon adalah puasa yang dikerjakan dengan cara tidak makan, tidak minum, dan tidak tidur dalam beberapa waktu tertentu. Tetap harus berada dalam posisi duduk bersila, meletakkan kedua telapak tangan di atas lutut dan berkonsentrasi terhadap apa tujuan yang ingin dicapai dari tapa ini.

Untuk lama mengerjakannya disesuaikan dengan anjuran guru masing-masing. Apakah itu 1 hari, 1 minggu, atau bahkan 1 bulan. Semuanya tergantung dengan tingkat kesulitan ilmu yang ingin dikuasai dalam diri.

Niat Doa Puasa Wungon

Untuk niatnya, kita hanya perlu membaca dalam hati disesuaikan dengan bahasa Jawa, tidak ada ketetapan bacaan doa puasa wungon, karena sifat dari tapa atau tirakat ini fleksibel sehingga pembacaan niatnya bisa berbeda-beda untuk masing-masing orang.

Diskusikan dengan guru spiritual masing-masing bagaimana membaca niat atau mantra puasa wungon, sesuaikan dengan tujuan Anda melaksanakan puasa paling sulit dalam kejawen ini, sesuaikan pula dengan jumlah hari dan lokasi di mana Anda bertapa.

Manfaat Puasa Wungon

Puasa ini dikerjakan pada bulan Syura di kalender Kejawen untuk melengkapi puasa-puasa kejawen lainnya agar semakin sempurna ilmu yang kita miliki. Selain itu, bila sukses menyempurnakan pelajaran kejawen, maka kita juga bisa dianggap sebagai orang dengan tingkatan ilmu yang paling tinggi.

Ada juga manfaat atau khasiat lain dari tirakat tapa wungon. Bagi yang sukses menjalankannya maka akan bisa memperoleh berbagai manfaat tambahan seperti kekuatan fisik yang besar, kesabaran batin, kemampuan mata batin, dan sebagainya.

Kesimpulan
Itulah ulasan tentang niat puasa wungon, puasa wungon kesepuhan ilmu jawa, kejawen, khasiat, pengertian, tata cara, pantangan, manfaat, untuk menguasai ajian, tapa, puasa, santri, manfaat, keutamaaan, kegunaan, hukum, tata cara melaksanakan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Puasa Wungon, Pengertian, Manfaat"