Niat Tata Cara Puasa Ngasrep, Pengertian, Manfaat

Niat Tata Cara Puasa Ngasrep, Pengertian, Manfaat
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Puasa ngasrep. Salah satu tirakat kejawen yang sudah sangat jarang dikerjakan adalah puasa ngasrep. Puasa ini memang tidak familiar karena sudah sangat jarang yang mengerjakan atau melakukannya.

puasa ngasrep

Sehingga, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana pelaksanaan, pantangan, niat, sera manfaat dari puasa ngasrep, selian itu di internet juga informasi mengenai puasa ngasrep sangatlah terbatas.

Nah pada kesempatan ini kami ingin membahas mengenai puasa ngasrep mulai dari pengertian, bacaan doa nia, tata cara mengerjakan, hingga manfaat atau khasiat yang diperoleh bagi yang menjalani tirakat atau lelakon kejawen ini. Silahkan disimak.

Pengertian Puasa Ngasrep

Puasa ngasrep merupakan tirakat atau lelakon kejawen yang dikerjakan tidak dengan maksud untuk beribadah kepada Allah SWT, melainkan untuk menguasai ajian tertentu dalam tubuh. Puasa ini tidak sulit dikerjakan, tidak seperti puasa ngidang atau puasa tapa jejeg.

Puasa ini dikerjakan dengan cara makan hanya boleh tiga suap nasi saja dan minum hanya boleh tiga teguk air putih bening. Jika lebih dari itu, maka puasa dapat dikatakan batal dan kita pun tidak akan memperoleh manfaat dari mengerjakan puasa atau tirakat ini.

Niat dan Tata Cara Puasa Ngasrep

Untuk niatnya, membacanya disesuaikan dengan anjuran dari guru spiritual masing-masing karena setiap niat memiliki pembacaan niat yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan melaksanakan puasa ngasrep ini.

Selain dengan makan hanya 3 suap dan minum hanya 3 teguk air, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjalankan tirakat puasa ngasrep, yakni waktunya disesuaikan dengan ajuran dari guru spiritual masing-masing.

Jika guru menganjurkan kita untuk melaksanakan puasa ngasrep selama 1 hari, maka kita hanya boleh makan 3 suap nasi dalam jangka waktu tersebut. Begitu pula jika kita dianjurkan mengerjakan puasa selama 7 hari maka kita harus benar-benar bisa menahan lapar selama itu.

Manfaat Puasa Ngasrep

Manfaat, khasiat atau fadhilah dari puasa ngasrep adalah puasa ini bagi yang sukses menjalankannya, akan bisa membuka mata batin orang tersebut. Sehingga Ia akan menjadi lebih peka terhadap lingkugan sekitar dan lebih tahu situasi dan kondisi sehingga tepat dalam mengambil keputusan.

Selain itu, puasa ngasrep ini juga dilaksanakan untuk mencoba menguatkan ketahanan diri, fisik, kesabaran, kekuatan jasmani, hingga agar kita tidak mudah terserang penyakit dengan kekebalan tubuh yang semakin kuat terjaga.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai niat puasa ngasrep, 3 hari, untuk pengasihan, weton, menurut islam, adalah, sebelum menikah, untuk pengantin, jawa, 40 hari, puasa nganyep, daftar pengertian puasa ngasrep, manfaat, pantangan, poso ngasrep mutih 3 hari kejawen, khasiat, manfaat, kegunaan.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>