Niat Tata Cara Puasa Ngalong, Khasiat, Manfaat

Niat Tata Cara Puasa Ngalong, Khasiat, Manfaat
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Puasa ngalong. Bila diterjemahkan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, maka ngalong memiliki arti begadang. Benar sekali, tirakat tapa kejawen ini memang pelaksanaannya memiliki kaitan dengan begadang sepanjang malam.

puasa ngalong

Tidak hanya semalam saja, bahkan puasa ngalong ini minimal harus begadang selama 3 malam. Namun itu semua tergantung guru spiritual masing-masing serta ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam melakasnakannya.

Bagi yang belum mengetahui, kami di sini akan menginformasikan mengenai tata cara, tuntunan, atau panduan pelaksanaan puasa ngalong, salah satu puasa tersulit karena membutuhkan kemampuan fisik yang benar-benar kuat. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Niat Puasa Ngalong

Puasa ngalong dijalani dengan berbagai macam tujuan, mulai dari untuk melatih fisik hingga mendapat keberkahan batin. Maka dari itu, pembacaan niat puasa ngalong berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebab, puasa ini bukanlah merupakan ibadah puasa wajib atau sunnah yang sama seperti dalam ajaran Islam.

Berdiskusilah dengan guru spiritual masing-masing untuk menentukan bagaimana pembacaan niat puasa ngalong yang benar. Sebab, puasa ngalong ini niatnya tergantung dari berapa lama dijalani, kapan waktu pelaksanaan, hingga tujuan atau ilmu yang ingin dikuasai.

Tata Cara dan Pantangan Puasa Ngalong

Biasanya puasa jenis ini dijalani bersamaan dengan puasa ngrowot. Puasa ngalong ini dilaksanakan dengan cara tidak tidur selama minimal 3 hari mulai sejak Ashar hingga Ashar pada hari ketiga. Bila Guru menyuruh lebih dari 3 hari, maka jalani sesuai apa yang diminta.

Pantangan dari puasa ngerowot hanya satu, yakni tidak boleh tidur selama menjalani tirakat ini. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kemampuan fisik yang benar-benar kuat sehingga tidak mudah sakit. Sebagai saran, sediakan kopi dalam jumlah banyak untuk mendukung tirakat tapa ini.

Khasiat dan Manfaat Puasa Ngalong

Biasanya pengamal menjalani puasa ngalong untuk memperoleh kekuatan fisik, terutama mengenai ilmu untuk meringankan tubuh atau yang biasa dikenal dengan nama ajian kidang kencono, ajian angin, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan bahwa ketika menjalani puasa ngalong ini tidak boleh dilakukan sendiri. Sebab karena puasa atau tirakat ini memang sulit dijalani, ada kemungkinan pengamal bisa mendapatkan ajian yang tidak diinginkan bila di tengah-tengah puasa mengalami kegagalan.

Kesimpulan
Itu dia pembahasan lengkap mengenai niat puasa ngalong, khasiat, 3 hari 3 malam, puasa melek, zaman gajah mada, memperoleh kencantikan perempuan timur, cara puasa ngalong agar mudah dan berhasil, laku prihatin dan ngalong serta lain-lain.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>