Bacaan Niat Puasa Nabi Adam, Tata Cara, Keutamaan

Bacaan Niat Puasa Nabi Adam, Tata Cara, Keutamaan
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat dan tata cara puasa nabi adam. Jauh sebelum Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama Islam, nabi-nabi terdahulu telah menunaikan ibadah salah satunya adalah ibadah puasa. Bahkan, ibadah puasa telah dijalani oleh nabi pertama yakni Nabi Adam As.

puasa nabi adam

Nabi adam menjalankan puasa atas dasar kemauan dari dalam hatinya sendiri, bukan merupakan perintah dari Allah SWT sebab zaman dahulu Allah SWT belum memerintahkan manusia di bumi untuk menunaikan ibadah puasa.

Nah bagi yang ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan puasa oleh Nabi Adam, silahkan simak penjelasannya di bawah ini. Mudah-mudahan informasi yang akan dibagikan di sini dapat menambah wawasan kita sebagai umat muslim.

Niat Puasa Nabi Adam

Dalam hadits atau dalil manapun tidak ada yang menjelaskan bagaimana Nabi Adam As membaca niat untuk memulai puasanya. Maka dari itu, bila ada yang bertanya bagaiama cara membacaniat puasa seperti yang dijalani nabi Adam, maka tidak ada informasi yang relevan.

Mungkin, pembacaannya disesuaikan dengan niat puasa sunnah seperti pada umumnya, hanya saja nama puasa yang disebutkan di dalam niat adalah puasa nabi adam as. Namun tentu ini tak dapat menjadi informasi patokan yang jelas.

Tata Cara Puasa Nabi Adam

Namun untuk tata cara pelaksanaan puasa nabi adam, telah dijelaskan melalui Tafsir al-Qur'an al-Adhim, Nabi Adam As berpuasa selama tiga hari setiap bulan sepanjang tahun.

Riwayat lain menyebutkan bahwa Nabi Adam berpuasa tiap tanggal 10 muharram sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT setelah dipertemukan dengan istrinya, Siti Hawa di Arafah.

Ada pula sebuah pendapat lain yang menyebutkan bahwa Nabi Adam As menjalani ibadah puasanya selama sehari semalam pada saat ia diturunkan dari surga oleh Allah SWT karena memakan buah terlarang.

Keutamaan Puasa Nabi Adam

Dari keterangan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Nabi Adam As menjalankan ibadah puasa dengan keutamaan untuk bersyukur kepada Allah SWT sebab Ia telah dipertemukan dengan istrinya Siti Hawa setelah sebelumnya terpisah dari Surga.

Dari keterangan serupa juga dapat diambil kesimpulan bahwa Nabi Adam As menajalankan puasa saat pertama kali turun dari surga untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas kesalahan yang ia perbuat selama tinggal di surga.

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai niat puasa nabi adam, belajar tradisi puasa sejak zaman nabi adam as, beginilah puasa para nabi sebelum rasulullah saw, mengenalpuasa nabi adam penjelasan lengkaptentang puasa yang dijalani nabi adam, puasa para nabi sejak zaman nabi adam.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>