Niat Tata Cara Puasa Lelono, Pantangan, Manfaat

Niat Tata Cara Puasa Lelono, Pantangan, Manfaat
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Puasa lelono. Lelono merupakan bahasa jawa yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti berkelana. Puasa atau tirakat kejawen lelono merupakan puasa yang sangat mudah dilakukan khususnya bagi orang yang suka begadang.

puasa lelono

Puasa ini dikerjakan dengan cara berjalan di malam hari selama minimal 3 jam. Itu saja, sangaat mudah bukan? Namun tentu saja puasa yang sangat mudah ini tetap memberi dampak positif bagi kehidupan, khususnya dalam rangka menguasai ajian dan ilmu tertentu.

Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai niat puasa lelono, tata cara serta pantangan yang harus dihindari, serta manfaat dan khasiat atau fadhilah dari puasa lelono. Langsung saja silahkan simak pembahasannya satu per satu.

Niat Puasa Lelono

Pertama, niat puasa lelono. Niat puasa pada tirakat kejawen ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Mulai dari berapa lama puasa ini dijalankan, untuk apa puasa ini dijalankan, dan atas dasar apa puasa atau tirakat tapa ini dijalani.

Semua itu tergantung dengan arahan dari Guru spiritual masing-masing karena setiap pelaksanaan tirakat lelono memiliki cara pembacaan lafadz doa teks kalimat niat yang berbeda-beda. Jadi, alangkah baiknya bila tirakat tapa ini tidak dikerjakan sendiri.

Tata Cara dan Pantangan Puasa Lelono

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tirakat tapa ini dikerjakan dengan cara berjalan di malam hari selama minimal 3 jam dan dikerjakan di atas jam 12 malam. Jadi, untuk yang paling minimal mulai dari pukul 12 malam hingga 3 pagi.

Namun apabila Guru menghendaki kita agar berjalan hingga terbit fajar, maka lakukan saja. Semakin lama lelono yang dijalani, khasiat yang didapatkan pun akan semakin besar. Begitu pula sebaliknya semakin sedikit waktu tapa, akan sedikit pula keuntungannya bagi kita.

Pantangan dari puasa lelono ini hanya satu, yakni tidak boleh berhenti berjalan di malam hari hingga waktu yang telah ditentukan berakhir. Apabila berhenti untuk istirahat, maka lelono akan batal dan kita tidak bisa mendapat apapun dari menjalaninya.

Manfaat Puasa Lelono

Orang-orang biasa menjalani puasa ini untuk merenung, melihat kembali ke belakang apa saja kesalahan yang telah dilakukannya dan sebagai sarana introspeksi diri. Hal ini membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Selain itu, manfaat atau khasiat lain dari puasa lelono adalah untuk memohon petunjuk dari Yang Kuasa apabila menemui maslah atau dihadapkan dengan dua pilihan yang sulit. Hal ini sama seperti ketika menunaikan ibadah sholat istikharah.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai niat puasa lelono, manfaat, keuntungan, keutamaan, khasiat, pantangan, larangan, fadhilah, faedah, asah spiritual lewat puasa penghayat kejawen, puasa tapa lelono dengan niat yang baik dan benar serta lain sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>