Niat Doa Puasa Kungkum, Tata Cara, Berendam di Air

Niat Doa Puasa Kungkum, Tata Cara, Berendam di Air
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Puasa kungkum. Kungkum berasal dari bahasa Jawa. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti berendam di dalam air. Benar, tirakat atau tapa kejawen ini memang memiliki kaitan dengan berendam di dalam air.

puasa kungkum

Puasa atau tirakat tapa kejawen ini memang dilakukan dengan cara merendam tubuh ke dalam air. Namun tentu bukan hanya itu saja, melainkan masih banyak hal-hal lain terkait tata cara kungkum yang perlu diperhatikan.

Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana tata cara puasa kungkum mulai dari pembacan niat, doa, tata cara, hingga manfaat atau khasiatnya bagi orang yang menjalaninya. Silahkan simak satu per satu pembahasannya.

Niat Doa Puasa Kungkum

Niat puasa kungkum tidak sama antara satu dengan yang lain, persamaanya hanyalah pada bacaannya yang disesuaikan dengan bahasa Jawa. Selebihnya, pembacaan niat tergantung dari lama tirakat dijalani, kapan waktunya, dan untuk apa dilaksanakan.

Berkonsultasilah dengan Guru spiritual masing-masing untuk menentukan bagaimana membaca niat puasa kungkum yang benar agar tidak salah langkah. Ikuti apa kata Guru sebab Beliau lebih mengetahui dibanding kita yang baru belajar.

Tata Cara dan Puasa Kungkum

Puasa kungkum dijalani dengan cara berendam di dalam air, tepatnya di sungai yang mengalir. Jadi, bukan di air laut, air tawar, maupun bak mandi yang hangat. Melainkan air sungai yang dingin di malam hari mulai dari tengah malam hingga pagi.

Seluruh tubuh harus terendam di dalam air, kecuali muka dan hidung untuk bernapas tentunya. Posisikan tubuh duduk bersila dengan kedua tangan berada di atas lutut. Seperti posisi bertapa pada umumnya. Kemudian pusatkan konsentrasi pada hal yang ingin dicapai.

Tentukan lama waktu berendam bersama Guru. Bila Guru menyuruh kita untuk melakukannya sepanjang malam maka laksanakan. Bila menyuruh selama 7 hari atau seminggu, maka kita ikuti apa mau Beliau.

Manfaat Puasa Kungkum

Ada berbagai manfaat menjalankan puasa kungkum, terutama untuk kemampuan fisik, kungkum mampu membuat tubuh menjadi semakin kuat karena telah dilatih berendam di air yang dingin, mengalir, dan bahkan ada gangguan makhluk di dalam air seperti ikan dan sebagainya.

Selain itu, secara batin maka puasa kungkum bisa memberi manfaat untuk seseorang agar bisa menguasai ajian penerawangan atau khodam pendamping. Ketika menjalani kungkum harus benar-benar konsentrasi, pikiran tidak boleh dialihkan dari hal yang ingin dicapai.

Kesimpulan
Sekian penjelasan mengenai niat puasa kungkum, tata cara,manfaat, pantangan, khasiat, faedah, fadhilah, keutamaan, puasa kungkum amalan sunan kalijaga berendam di dalam air, menemukan hakikat tuhan, puasa zaman gajah mada, tradisi asyura kungkum dan lain sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>