Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Niat Puasa Weton, Jenis dan Tata Cara

Runimas.com - Niat dan tata cara puasa weton. Ada banyak sekali ibadah puasa sunnah dalam agama Islam yang kita kenal. Namun demikian, sebelum Islam masuk ke Indonesia, ternyata nenek moyang kita juga dahulu sudah menjalankan puasa sebagai tirakat atau lelakon Kejawen.

puasa weton

Maksudnya, puasa yang dilaksanakan nenek moyang kita merupakan ajang untuk bermeditasi, mengintropeksi diri untuk memahami apa yang harus diperbaiki untuk menjadi lebih baik di kehidupan yang akan datang.

Puasa weton sendiri merupakan salah satunya, yakni lelakon atau tirakat Kejawen yang dilaksanakan untuk memperoleh pengasihan. Mulai dari untuk mendapat berbagai kemudahan dalam hidup, finansial, hutang, ekonomi, jodoh, rumah tangga berantakan, dan masih banyak lagi.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi bagaimana cara melaksanakan puasa weton tersebut. Tujuan kami berbagi di sini adalah untuk membagikan informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mengetahui cara pelaksanaan puasa weton. Silahkan disimak.

Niat Puasa Weton

Sedikit berbeda dengan tirakat puasa Kejawen lainnya, puasa weton ini dikerjakan dengan tuntunan dan urutan yang cukup panjang mulai dari niat, melaksanakan mandi, hingga membaca beberapa bacaan doa. Untuk niatnya sendiri, berikut teks dan bacaannya.

"Niat ingsun pasa ngapit kelahiran kelawan tulung dina telung bengi tanpo ti pati mangan lan ngumbe yen durun kasedya apa sing dadi kasedyaku."

Setelah membaca niat, diteruskan dengan mandi wajib untuk membersihkan energi negatif dari dalam tubuh. Berikut pembacaan niatnya.

"Niat ingsun adus banyu bumi suci raga suci sukma suci nurkencono katonku nurmuhamad cahyoku lan ngedusi badan sedulur papat kalimu pancerku. Keturunan wijining awet enom."

Kemudian seiring masuknya Islam ke Indonesia, ada beberapa tambahan wirid dan doa yang dilaksanakan. Jika sudah mandi wajib, langsungkan beberapa amalan berikut secara berturut-turut:
  • Sholat hajat
  • Wirid "Yaa rohman yaa rohim" sebanya 333 kali.
  • Surat Al-fatihah sebanyak 11 kali.
  • Surat At-taubat sebanyak 11 kali khusus pada ayat 128-129.
  • Wirid "kakang kawah adi ari-ari kakang pembarep adiku ragil pangaribowo, prabowo kumayang jatiku" sebanyak 100 kali.
  • Dan terakhir wirid "Bismillahirohmanirrohim (3x) kitab kolo murtape sapa kang kelangan kitab kolo murtape kejobo aku dhewe sing nalikane sun dumunung ing adam wiwit sesasi tumeka sangang sasi, mboso sun lahir nangis jejeritan golek jimat ingsun pribadi. Sapa kang jokuk iku kejaba gusti kang maha agung. Mbasa sun di ganti kopek,sun wes lali mula wedarno aku pingin ketemu karo sukma sedjatiku seka ngersane sukma kawekas." sebanyak 1 kali.

Jenis Puasa Weton

Ada tiga jenis puasa weton yang dapat dilaksanakan, yang pertama adalah puasa Weton sehari penuh, puasa weton tiga hari, dan puasa weton tiga hari diulang tujuh kali.

1. Puasa Weton Sehari Penuh

Sesuai dengan namanya, puasa ini dilaksanakan selama sehari penuh atau 24 jam nonstop. Ada juga masyarakat kejawen yang memperingati hari lahir dengan melaksanakan puasa weton jenis ini.

2. Puasa Weton Tiga Hari

Puasa weton ini dinamakan juga dengan puasa wedal, alias puasa hari lahir. Yang perlu digarisbawahi di sini adalah puasa di sini dilaksanakna selama 3 hari, tentu khasiatnya jauh lebih terasa.

3. Puasa Weton Tiga Hari Diulang Tujuh Kali

Yang terakhir adalah puasa weton 3 hari diulang 7 kali. Sama seperti pada poin sebelumnya namun pelaksanaanya diulang selama 7 bulan berturut-turut pada tanggal lahir yang sama.

Tata Cara Puasa Weton

Dalam pelakasnaan puasa weton disesuaikan dengan pada jenis apa puasa weton tersebut kita lakukan. Bila puasa 1 hari penuh, maka kita berpuasa selama 24 jam. Bila 3 hari atau 3 hari diulang 7 kali, maka pelaksanaan puasanya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Ketika berpuasa, hal-hal yang tidak boleh dilakukan adalah makan, minum, meluapkan emosi, marah, meluapkan hawa nafsu dan sebagainya. Intinya, segala hal buruk tidak boleh dilakukan saat menjalankan lelakon atau tirakat kejawen ini.

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai niat puasa weton, rabu, sabtu, untuk suami, jumat pon, 3 hari, anak, menurut sunan kalijaga, istri, sabtu kliwon, puasa weton untuk pengasihan, rejeki, kejawen, niat puasa weton satu hari, orang yang kita cintai, bacaan niat puas weton menurut islam, pasangan, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Niat Puasa Weton, Jenis dan Tata Cara"