Niat Puasa Tasua 9 Muharram Sesuai Sunnah

Niat Puasa Tasua 9 Muharram Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat puasa tasua 9 muharram. Sebelumnya kita telah sama-sama membahas mengenai ibadah puasa asyura, yakni ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 muharram. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai ibadah puasa yang dikerjakan sehari sebelumnya.

puasa tasua

Ibadah puasa tersebut dinamakan dengan ibadah puasa tasua, yang dikerjakan tepatnya tanggal 9 muharram. Puasa tasua juga merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat langka karena hanya dikerjakan sekali dalam setahun, bahkan lebih langka dibanding puasa ramadhan yang dikerjakan 30 hari dalam setahun.

Rasulullah SAW pun sangat menganjurkan umatnya untuk menunaikan ibadah puasa sunnah tasua yang sangat istimewa dan memiliki berbagai macam keutamaan yang baik salah satunya adalah menyempurnakan amalan di bulan muharram yang merupakan bulan yang baik untuk berpuasa,

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ibadah puasa tasua yang ditunaikan pada tanggal 9 muharram secara lengkap mulai dari bacaan niat hingga tata cara pelaksanaannya di bawah ini.

Artikel ini khususnya ditujukan kepada siapa saja yang ingin menunaikan ibadah puasa tasua namun belum tahu bagaimana lafadz bacaannya hingga tata cara menunaikannya, terutama anak-anak dan mualaf yang baru masuk Islam.

Niat Puasa Tasua 9 Muharram

niat puasa tasua

Puasa tasua dikerjakan pada tanggal 9 muharram maka dari itu bacaan niatnya dilaksanakan mulai sejak selesainya sholat isya pada hari sebelumya hingga sebelum sholat subuh pada tanggal 9 bulan muharram.

Pembacaan niat sangat dianjurkan dilakukan sebelum tidur untuk menghindari kemungkinan terburuk yakni tidak bangun sahur. Oleh karena itu, sangat dianjurkan membaca niat di hari sebelumnya mulai dari isya hingga hendak tidur.

Langsung saja silahkan simak bacaan niat lafadz doa niat puasa tasua pada tanggal 9 muharram yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala.

Artinya:
"Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT."

Tata Cara Puasa Tasua 9 Muharram

Untuk pelaksanaannya seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa puasa muharram dilakukan hanya pada tanggal 9 muharram saja, tidak bisa diganti di hari lain maka dari itu, sangat disayangkan bila kita mengabaikan puasa sunnah yang datangnya hanya setahun sekali saja.

Puasa tasua secara garis besar pelaksanaannya sama seperti ibadah puasa-puasa pada umumnya menurut tujuan berpuasa yakni menahan diri dari lapar, haus, dan dahaga serta hal-hal yang dapat membatalkan pahala berpuasa.

Selain itu, puasa tasua yang dikerjakan pada tanggal 9 muharram tidak memiliki perbedaan pelaksanaan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tata cara menunaikan ibadah puasa sunnah muharram berikut ini:
  • Pertama adalah membaca niat puasa sunnah muharram terlebih dahulu dimulai sejak setelah sholat isya hingga sebelum sholat subuh.
  • Kemudian diteruskan dengan melaksanakan sahur atau makan pada dinihari sebelum sholat subuh untuk memenuhi energi sebelum berpuasa.
  • Dilanjutkan dengan berpuasa yakni menahan diri dari lapar, haus, beserta hal-hal yang membatalkan pahala puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
  • Setelah adzan maghrib berkumandang, artinya sudah boleh berbuka. Sebelum itu, bacalah doa buka puasa terlebih dahulu dan kemudian barulah makan dan minum untuk membatalkan puasa tasua.

Kesimpulan
Itu dia ulasan lengkap tentang niat puasa tasua, niat mandi puasa tasua, puasa 10 muharram dan hukumnya, tata cara mengerjakan, pelaksanaan puasa tasua yang benar sesuai sunnah pada tanggal 10 bulan muharram lengkap.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>