Niat Puasa Senin Kamis dan Buka Untuk Hajat

Niat Puasa Senin Kamis dan Buka Untuk Hajat
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat puasa senin kamis. Ada banyak jenis puasa sunnah yang dapat umat muslim kerjakan untuk menambah amal pahala, salah satunya adalah puasa senin kamis yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

puasa senin kamis

Sebelumnya kita telah membahas berbagai macam ibadah puasa, mulai dari puasa nisfu syaban, puasa syawal, dan juga ibadah puasa ayyamul bidh. Semuanya merupakan ibadah puasa sunnah yang sangat baik untuk dikerjakan.

Termasuk puasa senin kamis ini, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menunaikan ibadah puasa sunnah senin kamis sebagai salah satu amalan yang memiliki keutamaan dan keistimewaan luar biasa, salah satunya adalah untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai lafadz bacaan doa niat puasa senin kamis secara lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin serta arti atau terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, di kesempatan ini kita juga akan membahas secara detail bagaimana cara menunaikan ibadah puasa senin kamis yang benar sesuai sunnah. Langsung saja silahkan simak pembahasannya di bawah ini niat puasa senin kamis untuk hajat.

Niat Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis dilaksanakan pada hari senin dan kamis. Maka dari itu, pembacaan niat puasanya dilakukan dalam dua hari. Jika mengerjakan puasa senin, maka niat dibaca sejak setelah sholat isya hari minggu hingga menjelang subuh di hari senin.

Adapun untuk yang mengerjakan puasa kamis, maka pembacaan niatnya dapat dilakukan sejak hari rabu malam hingga hari kamis pagi. Untuk membaca niatnya juga dapat dilakukan sebelum tidur atau setelah sahur.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat puasa senin kamis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih yang benar silahkan disimak.

1. Bacaan Niat Puasa Hari Senin

niat puasa hari senin

Berikut adalah lafadz bacaan niat puasa hari senin yang benar sesuai sunnah berdasrkan hadist dan dalil yang shahih.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala."

2. Bacaan Niat Puasa Hari Kamis

niat puasa hari kamis

Di bawah ini merupakan bacaan niat puasa hari kamis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya yang benar.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa puasa senin kamis dilaksanakan pada hari senin dan kamis saja, berselang-seling. Tidak dikerjakan pada hari minggu, selasa, rabu, atau jumat dan sabtu. Hanya senin dan kamis saja.

Sama halnya seperti puasa pada umumnya, puasa senin kamis dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku yang disebut di dalam Al-Quran, yakni menahan lapar, haus, dan emosi mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Sehingga secara garis besar terdaapat 4 tata cara mengerjakan puasa senin kamis.
  • Yang pertama adalah membaca niat puasa terlebih dahulu mulai dari setelah sholat isya hingga sebelum adzan sholat subuh berkumandang.
  • Kemudian laksanakanlah sahur apabila sempat, namun bila tidak sempat maka tidak apa-apa asal sudah membaca niat pausa terlebih dahulu maka dari itu sangat dianjurkan untuk membaca niat puasa sebelum tertidur.
  • Setelah itu, berpuasalah dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan menahan diri dari lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa.
  • Setelah adzan sholat maghrib berkumandang, segerakanlah berbuka atau yang disebut dengan membatalkan puasa. Berbukalah dengan yang manis-manis dan air hangat terlebih dahulu agar perut tidak mengalami kontraksi.

Kesimpulan
Sekian pembahasan niat puasa senin kamis, dan artinya, latin, agar cepat hamil, dan ganti puasa ramadhan, untuk memikat pria, untuk meminta sesuatu, untuk suami, untuk menngganti puasa ramadhan, niat puasa senin kamis untuk hajat, buka, hadist, manfaat, membayar hutang, waktu sahur puasa senin kamis manfaat untuk kesuksesan doa berbuka.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>