Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Puasa Nisfu Syaban Arab dan Artinya

Runimas.com - Niat puasa nisfu syaban. Puasa nisfu Sya'ban dilaksanakan pada bulan Sya'ban, yakni bulan sebelum bulan Ramadhan. Ibadah puasa ini dijalankan atau ditunaikan untuk melengkapi dan menyempurnakan ibadah puasa ramaadhan.

puasa nisfu syaban

Selain itu, puasa Nisfu Sya'ban dijalankan guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Maka dari itu, mengerjakan puasa sunnah pada bulan yang penuh berkah ini akan membawakan kita banyak sekali manfaat dan kebaikan.

Salah satunya adalah melancarkan rezeki dan usaha kita. Selain itu, apabila menunaikan puasa Nisfu Sya'ban secara istiqomah, insya Allah, Allah SWT akan melapangkan kuburan kita, semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT, permohonan kita akan dikabulkan, dan yang terpenting mendapat ridha Allah SWT.

Sangat disayangkan apabila kita melewatkan ibadah puasa yang hanya datang setahun sekali ini. Maka dari itu, ingatlah selalu ketika bulan Sya'ban datang, luangkan waktu untuk menunaikan ibadah puasa yang penuh berkah ini.

Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai lafadz bacaan doa niat puasa nisfu sya'ban lengkap dengan tata cara mengerjakannya yang benar. Langsung saja tanpa basa basi, silahkan simak penjelasan niat puasa Nisfu Sya'ban terlebih dahulu.

Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban

niat puasa nisfu syaban

Niat puasa nisfu syaban dapat dibaca pada saat setelah sholat isya hingga sebelum terbit fajar pada pagi hari yang ditandai dengan dikumandagkannya adzan sholat subuh pada pagi hari. Selain itu, membaca niat sebelum tidur atau pada saat makan sahur juga diperbolehkan.

Yang penting jangan membaca pada waktu-waktu yang belum ditentukan, misalnya membaca niat pada saat siang hari ketika masih berpuasa, membaca niat pada saat imsak, atau membaca niat puasa antara sholat maghrib dan isya.

Di bawah ini merupakan bacaan lafadz doa niat puasa nisfu sya'ban yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap yang benar.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘ala.

Artinya:
"Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT."

Tata Cara Puasa Nisfu Syaban

Puasa nisfu sya'ban dilaksanakan pada hari ke-15 atau pertengahan bulan Sya'ban sebanyak 1 hari saja sesuai dengan penanggalan kalender hijriyah. Ibadah puasa nisfu syaban diawali dengan membaca niat terlebih dahulu.

Bacalah niat pada saat isya hingga sebelum tidur untuk menghindari risiko kemungkinan tidak bangun sahur karena meski boleh membaca pada saat sahur atau sebelum imsak. Setelah itu, mulailah berpuasa dengan menahan diri dari lapar, haus, dan dahaga hingga waktu berbuka sampai adzan sholat maghrib berkumandang.

Berbukalah sedikit terlebih dahulu dengan beberapa cemilan. Jika ada kurma maka makanlah 3 biji terlebih dahulu. Setelah itu, baru laksanakan sholat maghrib setelah itu baru makan yang berat-berat seperti nasi atau roti.

Kesimpulan
Itulah penjelasan lengkap tentang niat puasa nisfu syaban, dan puasa ganti, indonesia, malaysia, sebelum bulan ramadhan nu, muhammadiyah, yang benar, beradasarkan sunnah, dalil, hadist yang shahih lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Puasa Nisfu Syaban Arab dan Artinya"