Niat Puasa Ngrowot, Dalil, Hukum, Tata Cara

Niat Puasa Ngrowot, Dalil, Hukum, Tata Cara
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat dan tata cara puasa ngrowot. Belakangan ini banyak orang yang membahas dan mengulas apa itu puasa ngerowot. Puasa tirakat ini merupakan ibadah puasa sunnah yang dilangsungkan bukan untuk beribadah, melainkan untuk tapa dan meditasi.

puasa ngrowot

Sebenarnya dalam menjalankan puasa ini pelaku masih boleh makan, namun makanan yang dikonsumsi dibatasi hanya sayur-sayuran, buah-buahan, ketela, jagung, dan sebagainya asal tidak makan makanan berat seperti nasi atau gandum.

Namun yang lebih penting lagi pelaksanaan puasa ngerowot ini dilakukan sesuai anjuran dan kesepakatan dengan guru spiritual masing-masing. Bila guru menganjurkan boleh makan nasi ya makan nasi, bila guru melarang makan buah ya harus dipatuhi.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan puasa ngrowot secara umum sebagai informasi saja bahwa dulu ketika Islam masih belum masuk di Indonesia, puasa atau tirakat ini kerap dilaksanakan nenek moyang kita.

Niat Puasa Ngrowot

Dalam menjalankan tirakat puasa ngerowot, maka hal utama yang perlu dilakukan pertama kali adalah membaca niat terlebih dahulu. Karena puasa ini dijalankan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, maka niat dibaca pada saat malam hari atau di hari sebelumnya.

Untuk membaca niat disesuaikan dengan keyakinan masing-masing sebab ngrowot bukanlah ibadah melainkan tirakat sehingga bacaan teks niatnya disesuaikan asal tetap menggunakan bahasa Jawa karena puasa ini memang tirakat kejawen.

Dalil dan Hukum Puasa Ngrowot

Ketika bertanya dalil, hadist, dan hukum menjalankan pusa ngerowot dalam agama Islam, ya jelas hukumnya adalah haram. Setiap kegiatan di luar syariat Islam yang dijalankna atas nama Allah SWT maka hukumnya tidak boleh.

Namun, puasa ngerowot ini dilaksanakan bukan atas dasar untuk beribadah kepada Allah SWT, melainkan untuk mengambil manfaat dan khasiat dari puasa ngerowot salah satunya adalah meningkatkan kharisma di depan lawan jenis.

Tata Cara Puasa Ngrowot

Pelaksanaan puasa ngerowot dimulai ketika terbit fajar hingga terbenam matahari. Setelah itu, boleh makan lagi secara normal. Saat berpuasa, secara umum tidak boleh makan makanan yang mengeyangkan seperti nasi atau gandum, yang boleh hanya sayur dan buah-buahan.

Puasa ini tidak ditentukan berapa hari harus dilaksanakan. Keputusannya ada pada guru spiritual masing-masing. Bila guru menentukan kita harus menjalani tirakat ini selama seminggu, maka patuhi. Bila sehari, maka turuti, bila sebulan, juga ikuti apa yang guru katakan.

Kesimpulan
Demikian ulasan lengkap mengenai niat puasa ngrowot, nu, adalah, untuk pengasihan, sunan kalijaga, 7 hari, dalam islam, boleh minum, 40 hari, puasa ngrowot untuk hajat, makan buah, tantangan, larangan, pantangan, jalan ninja ulama jawa, alasan menjalani, hidup tanpa nasi, hukum, falsafah, berapa hari, apa tujuan, bagaimana cara puasa ngrowot.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>