Niat Tata Cara Waktu Puasa Daud dan Keutamaannya

Niat Tata Cara Waktu Puasa Daud dan Keutamaannya
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat puasa daud. Sebelum datangnya perintah untuk menunaikan puasa wajib yakni puasa Ramadhan, dahulu kala Nabi-Nabi sebelum Muhammad SAW juga telah menunaikan berbagai macam puasa sesuai versi mereka sendiri.

puasa daud

Salah satunya adalah puasa yang dikerjakan atau ditunaikan oleh Nabi Daud AS yang dinamakan dengan puasa daud. Puasa daud ini menjadi salah satu amalan terpopuler oleh kalangan umat muslim di dunia dan Indonesia.

Maka dari itu, mungkin di sekeliling kita telah banyak yang menunaikan ibadah puasa daud. Kita pun bisa turut mengamalkannya untuk mendapatkan berbagai macam berkah dan kebaikan dari Allah SWT salah satunya adalah untuk meneruskan amalan sunnah dari Nabi Daud AS.

Bagi yang ingin mengamalkan puasa sunnah ini, namun belum mengetahui tata cara pelaksanaan dan bacaan doa niatnya, maka silahkan baca artikel ini sampai habis karena di sini kami akan menjelaskan terkait pembahasan puasa daud yang lengkap.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa sedikit membantu menjelaskan terkait ibadah puasa sunnah yang dikerjakan oleh Nabi Daud AS. Langsung saja, pertama-tama silahkan baca niat puasa daud terlebih dahulu.

Bacaan Niat Puasa Daud

niat puasa daud

Puasa daud dikerjakan sehari sekali sehari tidak. Maka dari itu pembacaan puasa daud tidak dilakukan setiap hari, melainkan dua hari sekali dengan lafadz bacaan yang tak jauh berbeda dengen niat pausa pada umumnya.

Pembacaan niat puasa daud dapat dilaksanakan sesudah selesai menunaikan ibadah sholat isya hingga setelah waktu sahur habis yang ditandai dengan masuknya waktu imsak yakni sekitar 10 menit sebelum adzan subuh berkumandang.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat puasa daud yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar dan lengkap di bawah ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat puasa Dawud, sunnah karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Puasa Daud

Puasa daud dikerjakan sehari puasa sehari tidak. Tidak ada batasan berapa lama puasa daud boleh dikerjakan, asal tidak bertabrakan dengan hari diharamkannya ibadah puasa yakni pada tanggal 1 syawal bertepatan dengan ibadah idul fitri.

Apabila ada puasa yang lebih penting, misalnya puasa ramadhan, maka ibadah puasa daud juga tidak diperkenankan untuk dilaksanakan. Selain itu, cara melaksanakan ibadah puasa daud sama seperti ibadah puasa lain pada umumnya.

Mulai dari membaca niat pada setelah sholat isya hingga terbit fajar. Kemudian tahanlah lapar, haus, serta hal-hal yang membatalkan pausa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Setelah adzan maghrib berkumandang, berbukalah dengan yang manis-manis.

Kesimpulan
Demikian ulasan lengkap tentang niat puasa daud dan manfaatnya, dan puasa ganti, untuk promil, jodoh, sesuai sunnah, pengalaman puasa daud, puasa nabi daud berapa hari, keajaiban puasa daud, niat puasa daud untuk jodoh, manfaat puasa daud untuk jodoh, puasa daud hari jumat, doa buka puasa daud, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>