Bacaan Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah dan Keutamaannya

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah dan Keutamaannya
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat puasa tarwiyah 8 dzulhijjah. Ketika bulan dzulhijjah telah tiba, ada salah satu amalan yang dapat umat muslim seluruh dunia laksanakan, yakni puasa sunnah tarwiyah yang jatuh pada tanggal 8 dzulhijjah.

puasa tarwiyah

Puasa tarwiyah dilaksanakan tepat sehari sebelum ibadah puasa arafah atau tepatnya dua hari sebelum puncak ibadah haji dilangsungkan di Tanah Suci, Arab Saudi. Apabila seorang muslim mengerjakan puasa ini, maka akan mendapat banyak sekali manfaat dan keutamaan.

Salah satunya adalah semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, menunaikan puasa sunnah yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, serta dijauhkan dari siksa api neraka dan didekatkan dengan surga Allah SWT.

Puasa yang dilangsungkan pada bulan Dzulhijjah ini dilaksakan dengan bacaan niat terlebih dahulu dan diakhiri dengan doa buka puasa pada waktu yang telah ditentukan. Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini kami akan membahas mengenai niat puasa tarwiyah secara lengkap.

Artikel ini dikhususkan terutama bagi anak-anak dan mualaf yang baru belajar berbagai macam bacaan doa puasa serta tata cara berpuasa yang baik dan benar. Langsung saja tanpa basa-basi, pertama kami akan membahas niatnya terlebih dahulu.

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

niat puasa tarwiyah

Pembacaan niat puasa nisfu sya'ban kurang lebih sama seperti niat puasa sunnah pada umumnya. Yang membedakan adalah nama puasa yang dikerjakan yakni tarwiyah. Bacalah niat puasa tarwiyah pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Mulai dari setelah sholat isya hingga sebelum imsak atau fajar terbit yang ditandai dengan adzan subuh berkumandang. Selain itu, kita juga dapat mengucapkan niat puasa tarwiyah pada saat sebelum tidur atau sebelum makan sahur.

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa niat puasa tarawiyah pada tanggal 8 dzulhijjah yang benera sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Nawaitu sauma tarwiyah sunnatan lillahi ta’aala.

Artinya:
"Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala."

Tata Cara Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

Puasa tarwiyah dilaksanakan satu hari saja yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Untuk pelaksanaannya sama seperti puasa-puasa lain yakni dengan diawali membaca niat puasa terlebih dahulu pada waktu yang telah ditentukan.

Setelah itu, apabila sempat bangun maka laksanakanlah makan sahur antara pukul 3-4 dinihari. Jika tidak bangun ya tidak masalah, asal sudah membaca niat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan membaca niat puasa sebelum tidur atau sesudah isya untuk menghindari kemungkinan tidak bangun sahur.

Setelah itu, mulai berpuasa pada siang hari dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan menahan diri dari lapar, haus, dan dahaga. Dan kemudian pada saat adzan maghrib berkumandang, segerakanlah berbuka dengan membaca doa buka puasa terlebih dahulu.

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang niat puasa tarwiyah sebelum idul adha, nu, muhammadiyah, teks, lafadz, bacan, doa, sendiri, dalam bahasa arab, latin dan terjemahan indonesia atau artinya, puasa tarwiyah dilaksanakan jatuh pada tanggal berapa.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>