Bacaan Doa Ziarah Kubur Pendek, Singkat, dan Lengkap

Bacaan Doa Ziarah Kubur Pendek, Singkat, dan Lengkap
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Bacaan doa ziarah kubur lengkap. Sebagai seorang muslim yang masih diberi kesempatan hidup oleh Allah SWT, kita berkewajiban untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia, khususnya kerabat, saudara, orang tua, dan sesama muslim.

bacaan doa ziarah kubur pendek singkat

Doa dapat dibaca setelah selesai membaca Al-Quran, sholat, puasa, maupun ketika melakukan kunjungan ke kubur atau yang biasa disebut dengan berziarah. Umumnya, pada saat menjelang puasa dan lebaran umat muslim akan melakukan ziarah serentak ke makam keluarganya untuk berdoa.

Ketika berziarah, saat baru memasuki area pemakaman jangan lupa bacalah doa melewati kuburan untuk ahli kubur. Karena sebagai seorang yang datang, kita harus menghormati penghuni-penghuni yang berada di alam kubur.

Untuk bacaan doa ziarah kubur sendiri, ketika telah berada di kuburan yang dituju, bagi yang belum tahu bacaan doanya, di sini kami akan membagikan kumpulan doa ziarah kubur mulai dari yang singkat, pendek, ringkas, hingga yang panjang atau lengkap.

Saat ziarah sendiri, doa cukup dibaca pelan dari dalam hati, atau bisa juga dengan bersuara namun pelan, jangan sampai mengganggu peziarah yang lain. Saat ziarah beramai-ramai, doa dipimpin oleh satu orang dengan suara keras sementara yang lain bersuara pelan. Berikut adalah bacaan doa ziarah kuburnya.

Bacaan Doa Ziarah Kubur Pendek dan Singkat

Ada dua doa ziarah kubur, yakni yang panjang dan pendek, keduanya sama-sama memiliki keutamaan untuk memohon kepada Allah SWT agar sang ahli kubur diampuni dosanya, dibebaskan dari siksa kubur, dan ditempatkan di sisi terbaik-Nya.

Untuk yang pertama, kami akan menuliskan bacaan ziarah kubur yang singkat, pendek, ringkas, dan sering dibaca untuk dijadikan wirid atau dzikir serta amalan ketika melakukan ziarah ke makam kerabat, saudara, orang tua, maupun teman atau rekan kerja.

Langsung saja tanpa basa basi, silahkan simak penjelasan mengenai doa ziarah kubur singkat dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya di bawah ini sesuai sunnah yang benar berdasarkan hadist shahih muslim.

1. Doa Ziarah Kubur Arab

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

2. Doa Ziarah Kubur Latin

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi’ Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa’i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A’idhu Min ‘Adzaabil Qabri.

3. Doa Ziarah Kubur Artinya

"Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap

Kemudian, selanjutnya di bawah ini ada juga bacaan doa ziarah kubur yang lebih lengkap dan panjang. Biasanya, urutan doa ziarah kubur yang lengkap ini dibaca ketika berziarah ramai-ramai saat menjelang puasa atau setelah sholat idul fitri.

Doa diawali dengan membaca salam kepada ahli kubur, kemudian mengamalkan bacaan istighfar sebanyak 33 kali, dilanjut dengan bacaan surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali, setelah itu membaca surat Al-Ikhlas, An-Falaq dan An-Naas masing-masing 7 kali, membaca tahlil sebanyak 33 kali dan diakhiri dengan membaca doa ziarah kubur. Silahkan disimak.

1. Membaca Salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Arab-latin: Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun"

Artinya:
"Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."

2. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.

Artinya:
"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

3. Membaca surat Al Fatihah

Surat Al-Fatihah merupakan surat pertama yang ada di dalam Al-Quran. Bacalah surat pendek ini sebanyak 7 kali setelah sebelumnya membaca kalimat istighfar sebanyak 33 kali yang dipimpin oleh seseorang ketika berziarah.

4. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Setelah membaca surat Al-Fatihah, dilanjut dengan melafadzkan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas sebanyak 7 kali masing-masing dibaca satu per satu terlebih dahulu. Jadi, baca Al-Ikhlas 7 kali dulu, baru dilanjut dengna Al-Falaq 7, kemudian An-Naas 7 kali.

5. Membaca Kalimat Tahlil

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ

Laailaaha Illallah.

Artinya:
"Tiada Tuhan selain Allah."

6. Membaca Doa Ziarah Kubur

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Arab-latin: "Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì."

"Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì."

Artinya:
"Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

"Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya."

Kesimpulan
Terimakasih telah membaca doa ziarah kubur, habib, ayah, word, pdf, nu, muhammadiyah, sesuai sunnah rasul, setelah ziarah kubur harus mandi, pengertian, hadist, kalimat, yasin, salam, ayat bangku, doa di pekuburan baqi, kalimat tahlil, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>