Doa Haji Mabrur Untuk Jamaah Tulisan Arab dan Artinya

Doa Haji Mabrur Untuk Jamaah Tulisan Arab dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa haji mabrur. Berbeda dengan umroh yang dilaksanakan selama sekitar 2 minggu, ibadah haji dilaksanakan selama 40 hari. Banyak yang mengantri bahkan hingga puluhan tahun untuk memenuhi rukun islam yang kelima ini.

doa memohon haji mabrur

Puncak ibadah haji berlangsung pada tanggal 9 dzulhijjah hingga 14 dzulhijjah yang ditandai dengan berlangsungnya puasa arafah. Seseorang yang berangkat haji pasti berharap bisa mendapatkan haji yagn mabrur.

Haji mabrur bukan sebuah gelar, melainkan pencapaian yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Haji mabrur berarti seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji dengan sungguh-sungguh tanpa melakukan hal-hal yang melanggar atau perbuatan dosa.

Karaena dalam menjalani ibadah haji ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti melakukan thawaf, dilarang menghilangkan nyawa binatang, dan sebagainya. Selain itu, ketika sedang beribadah jangan lupa untuk melafadzkan doa memohon haji mabrur.

Sebelumnya kami telah membahas tentang sholat arbain, dan di bawah ini kami akan menjelaskan bacaan lafadz doa meminta supaya diberi haji yang mabrur. Langsung saja silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Doa Haji Mabrur dan Artinya

doa haji mabrur

Doa meminta agar haji mabrur dan mabruran dapat diucapkan pada beberapa situasi, mulai dari ketika mau berangkat haji, setelah tiba di tanah suci, ataupun ketika beristirahat selepas melaksanakan rukun-rukun ibadah haji.

Doa ini juga sangat baik diucapkan dan dilafadzkan setelah mengerjakan ibadah sholat wajib atau sunnah di Arab Saudi. Apabila apabila mengamalkannya, insyaallah Allah SWT akan memudahkan kegiatan ibadah haji kita.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai lafadz bacaan doa memohon atau meminta agar diberi haji mabrur yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

1. Doa Haji Mabrur Bahasa Arab

اللهم اجعله حجًّا مبرورًأ، سعيًا مشكورًا، وذَنْبًا مغفورًا

2. Doa Haji Mabrur Latin

Allahummaj’alahu hajjan mabruura, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuura.

3. Doa Haji Terjemahan

"Ya Allah jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur, sa’i yang penuh berkah, dan pengampun bagi dosa."

Doa Haji Mabrur Lengkap

Selain doa haji mabrur yang pendek, singkat, dan ringkas di atas, di bawah ini merupakan alternatif bacaan yang dapat diamalkan untuk memohon agar mendapat haji yang mabrur yang lebih panjang dan lengkap.

Doa meminta haji mabruran di bawah ini memiliki makna yaitu memohon kepada Allah SWT agar menghindarkan kita dari kemaksiatan serta mendekatkan kita kepada segala haol yang suci. Serta melindungi kita dari kejahatan.

Berikut adalah bacaan lafadz doa meminta agar haji mabrur dalam tulisan Arab lengkap dengan latinnya dan terjemahan bahasa Indonesia berdasarkan dalil dan hadist shahih panjang.

اللَّهُمَّ انْقُلْنِي مِنْ ذُلِّ الْمَعْصِيَةِ إلَى عِزِّ الطَّاعَةِ وَاكْفِنِي بِحَلَالِك عَنْ حَرَامِك وَأَغْنِنِي بِفَضْلِك عَمَّنْ سِوَاكَ وَنَوِّرْ قَلْبِي وَقَبْرِي وَأَعِذْنِي مِنْ الشَّرِّ كُلِّهِ، وَاجْمَعْ لِي الْخَيْرَ إنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Alaahummanqulnii min dzulil ma’shiyati ilaa ‘izzit thaa’ah, wakfinii bi halaalika ‘an haraamik, wa aghninii bi fadhlika ‘an man siwaak. Wa nawwir qalbii wa qabrii. Wa a’idznii minas syarri kullih. Wajma’ liyal khayr. Innii as’alukal hudaa wat tuqaa, wal ‘afafaa, wal ghinaa.

Artinya:
"Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilan aku dengan halalMu dari barang haramMu. Genapilah diriku dengan kemurahanMu dari dzat selain diriMu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Aku memohon kepadaMu petunjuk, taqwa, kecukupan, dan keyakinan."

Kesimpulan
Demikian ulasan tentang doa haji mabrur, pdf, tulisan arab, allahumma umrotan mabruran, hajjan mabrura wa saiyan, allahuma hajjan hajjan mabruran, hajjan mabruran wa sa'yan, doa untuk orang pulang haji, ucapan selamat haji mabrur, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>