Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Sendiri, Ibu, Diwakilkan

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Sendiri, Ibu, Diwakilkan
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Niat zakat fitrah yang benar sesuai sunnah. Zakat firtah merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim pada bulan puasa ramadhan yang dilakukan menjelang hari raya idul fitri di tanggal 1 Syawal.

niat zakat fitrah sendiri ibu diwakilkan

Zakat fitrah bisa diberikan oleh diri sendiri, untu mewakili ibu, ayah, saudara, anak, adik, kakak, orangtua, maupun nenek dan kakek. Zakat fitrah berupa harta yang diberikan kepada kaum fakir miskin yang membutuhkan.

Harta yang dapat diberikan sebagai zakat fitrah antara lain beras seberat 3 kg atau uang tunai senilai dengan harga beras di wilayah tersebut. Apakah boleh kurang? Tidak. Apakah boleh lebih? Tidak juga. Jika ada kelebihan maka lebih baik diberikan sebagai infaq atau shodaqoh.

Dalam memberikan zakat fitrah kita harus mengucapkan niat terlebih dahulu. Niat zakat fitrah ini berbeda-beda tergantung apakah untuk diri sendiri, ibu, atau mewakilkan orang lain. Bagi yang belum tahu silahkan simak doanya di bawah ini.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

niat zakat fitrah

Zakat fitrah diberikan kepada fakir, miskin, amil, muallaf, gharim, sabilillah, ibnu sabil. Bagi yang memberikannya secara pribadi, maka doa niat yang dibaca untuk memberikan zakat fitrah adalah sebagai berikut.

Barangsiapa memberikan zakat fitrah, jangan lupa untuk mengucapkan lafadz doa ini. Karena jika lupa, maka zakat fitrah tidak akan sah dan hanya dianggap sebagai sedekah biasa. Maka dari itu, perhatikanlah niat zakat fitrah berikut ini.

Berikut adalah bacaan lafadz doa niat memberi zakat fitrah untuk diri sendiri sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍَﻥْ ﺍُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻰْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an nafsii fardlol lillahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri, fardlu karena Allah Ta’ala."

Niat Zakat Fitrah Untuk Ibu

Bagi yang memberikan zakat fitrah untuk ibu, bunda, umi, orangtua, nenek, atau perempuan dan wanita, bacalah doa berikut dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an zaujatii fardlol lillahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk istri saya, fardlu karena Allah Ta’ala."

Niat Zakat Fitrah Mewakilkan Orang Lain

Jika kita mewakilkan zakat fitrah orang lain, baik itu saudara, sepupu, keponakan, atau keluarga, maka doa yang dibaca adalah seperti di bawah ini. Silahkan simak doa niat zakat fitrah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻨِّﻰْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُﻨِﻰْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri ‘an jami’i ma yalzamunii naffaqootuhum syar’an fardlol lillahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya berniat mengeluatkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri serta semua orang yang nafkahnya menjadi tanggungan saya fardlu karena Allah Ta’ala."

Kesimpulan
Itu dia niat zakat fitrah dan mal untuk diri sendiri, suami, istri, orang lain, anak, doa zakat fitrah untuk sekeluarga, anak perempuan, laki-laki, bacaan zakat fitrah beras, niat memberi dan menerima zakat fitrah, penghasilan, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>