Bacaan Doa Tolak Bala Pendek Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Tolak Bala Pendek Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa tolak bala singkat sesuai sunnah. Kita tahu bahwa jalan hidup di dunia tidak selalu mulus, tidak selalu dipenuhi kebahagiaan, kegembiraan, kesenangan, sukacita dan berkah. Ada kalanya kita dihadapkan dengan musibah, bencana, dan marabahaya.

doa tolak bala pendek sesuai sunnah

Menurut penanggalan Jawa atau Islam, ada satu hari yang mana diyakini sebagai hari diturunkannya bencana. Hari tersebut jatuh pada hari rabu terakhir di bulan Safar. Hari tersebut dinamakan dengan hari rabu wekasan.

Rabu wekasan dikenal juga dengan rabu pungkasan, rebo wekasan, atau rebo pungkasan. Merupakan hari di mana diyakini ada lebih dari 320.000 macam penyakit turun ke bumi serta lebih dari 20.000 jenis bencana melanda manusia.

Oleh karena itu setiap datangnya hari tersebut, ada anjuran membaca dzikir atau wirid tolak bala rebo wekasan. Pembacaan doa tersebut dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT agar menjauhkan kita dari segala macam penyakti dan bencana.

Doa tolak bala juga bisa dibarengi dengan doa ayat syifa untuk menyembuhkan penyakit atau doa mohon dipermudahkan urusan dunia akhirat. Bagi yang belum mengetahui bagaimana lafadz bacaan doanya, kami akan menuliskan teksnya dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

Doa Tolak Bala Pendek

doa tolak bala

Berikut ini adalah doa tolak bala yang pendek, ringkas, dan singkat. Bisa dijadikan amalan tidak hanya pada hari tolak bala, melainkan pada hari-hari lainnya untuk memohon agar Allah SWT menghindarkan dan melindungi kita dari hal-hal buruk.

Makna dari doa ini ialah kita memohon kepada-Nya sebagai pemberi jalan keluar, agar kita tidak gelisah, agar segala macam hal-hal berbahaya dijauhkan dari hidup kita karena kita yakin bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha melindungi.

Silahkan simak di bawah ini doa penolak bala rebo wekasan yang singkat, pendek dan ringkas dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ.

Artinya:
"Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang."

Doa Tolak Bala Sesuai Sunnah

Selain doa pendek di atas, bagi yang ingin membaca doa tolak bala yang lebih panjang sebagai amalan, sebagai bacaan doa ketika pengajian, khutbah, atau majelis taklim, bacalah doa tolak bala rebo wekasan sesuai sunnah berikut ini.

Banyak keutamaan dan khasiat dari doa yang satu ini, seperti memohon kenikmatan, rezeki, kekuatan, kesehatan, dan keselamatan serta mohon dijauhkan dari keburukan, ujian, cobaan, siksa dunia dan akhirat. Silahkan simak teks, lafadz bacaan doa berikut ini.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya:
"Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Kesimpulan
Itulah doa tolak bala versi paling pendek, pdf, dalam qunut, bulan safar, indonesia, sesuai sunnah, doa rebo wekasan, sunda, suryalaya, bahasa jawa, bacaan amalan pada hari rabu terakhir di bulan safar yang benar dan shahih.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>