Doa dan Dzikir Sakit Mata Merah, Kabur, Katarak, Bintitan

Doa dan Dzikir Sakit Mata Merah, Kabur, Katarak, Bintitan
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa dan dzikir untuk mengobati sakit mata. Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Mata juga menjadi organ yang mendukung salah satu indera pada manusia, yakni indera penglihatan.

doa dzikir ketika sakit mata

Tanpa mata yang sehat kita tidak bisa melihat indahnya dunia ciptaan Allah SWT. Bersyukurlah bagi yang masih memiliki mata yang sehat dan segar. Bagi yang sedang terkena sakit mata, baik mata merah, kabur, katarak atau mata bintitan segeralah periksakan ke dokter untuk diobati.

Selain mengobati ke dokter, bidan, atau rumah sakit. Saat sakit mata kita juga harus membaca doa untuk mohon kesembuhan. Doa khusus yang dibaca agar Allah SWT membantu supaya mata kita dapat kembali melihat dengan jernih dan jelas.

Doa ini dapat dibaca pada saat setelah minum atau meneteskan obat sakit mata, atau dapat juga dijadikan wirid dan dzikir selepas sholat khusus untuk meminta pertolongan kepada Allah TA'ala agar penyakit mata kita segera sembuh.

Selain untuk mendoakan diri sendiri, doa sakit mata ini juga dapat dijadikan amalan atau doa untuk memohon kesembuhan orang lain yang matanya sakit. Bagi yang belum tahu bacaan doanya silahkan simak di bawah ini.

Doa Ketika Sakit Mata Merah

doa ketika sakit mata

Mata yang sakit membuat kita tidak bisa melihat dengan jelas. Salah satu tanda penyakit mata telah parah adalah warna mata berubah menjadi merah. Hal tersebut membuat kemungkinan seseorang menjadi buta seumur hidup.

Tentu kita tidak ingin tidak bisa melihat sepanjang hidup. Oleh karena itu jika mata berwarna kemerahan segeralah periksakan diri ke dokter untuk diobati dan jangan lupa amalkan doa sakit mata di bawah ini karena bagaimanapun, Allah SWT agalah Tuhan yang maha menyembuhkan.

Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika sakit mata merah ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan dilengkapi dengan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar, untuk anak, sering dibaca dan diamalkan.

لَقَدْ كُنْتَ فِي غَفْلَةٍ مِنْ هَٰذَا فَكَشَفْنَا عَنْكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيدٌ

Laqad kunta fii gaflatim min haadzaa fa kasyafnaa ‘angka giṭaa’aka fa baṣarukal-yauma ḥadiid.

Artinya:
"Sesungguhnya kamu berada dalam keadaan lalai dari (hal) ini, maka Kami singkapkan daripadamu tutup (yang menutupi) matamu, maka penglihatanmu pada hari itu amat tajam."

Doa Mengobati Sakit Mata Kabur

Mata kabur adalah kondisi penyakit di mana kita masih bisa melihat, namun penglihatan kita tidak jelas alias samar-samar. Mata kabur juga disebut dengan rabun dekat atau rabun jauh. Gejalanya adalah terdapat minus pada mata.

Bacalah doa mengobati sakit mata sesuai sunnah yang singkat, pendek, dan ringkas di bawah ini agar Allah SWT membantu kita supaya penyakit mata segera sembuh. Makna dan fadhilah dari doa ini ialah memasrahkan kepada Tuhan sebagai Dzat yang menjadi obat dari segala macam penyakit.

شِفَاءُ كُلِّ دَاءٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Syifaa-u kullii daa-in birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya:
"Obat dari segala penyakit. Dengan ramah-Mu wahai dzat yang paling penyayang dari semua yang penyayang."

Doa Menghilangkan Sakit Mata Katarak

Katarak adalah kondisi di mana mata tidak bisa melihat dengan jelas yang disebabkan oleh protein pada lensa mata kurang. Gejala ini biasanya muncul karena faktor usia oleh karena penyakit berbahaya ini sering dialami orang tua, kakek, dan nenek.

Bacalah amalan, wirid, atau dzikir untuk menghilangkan sakit mata katarak di bawah ini yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yaitu kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan penglihatan kepada kita, dalam hal ini mata yang sehat.

اللَّهُمَّ مَتِّعْنِي بِسَمْعِي وَبَصَرِي، وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنِّي، وَأَرِنِي فِي الْعَدُوِّ ثَأْرِي، وَانْصُرْنِي عَلَى مَنْ ظَلَمَنِي

Allohumma matti’ni bi sam’i wa bashari waj’alhul waritsa minni wa arini fil ‘aduwwi tsa’ri wanshurni ‘ala man dzolamani.

Artinya:
"Ya Allah, berikanlah kenikmatan kepadaku dengan pendengaran dan penglihatanku, dan jadikanlah ia sebagai pewarisku, dan perlihatkan balasanku pada musuhku,  dan tolonglah aku dari orang yang menzalimiku."

Doa Menyembuhkan Sakit Mata Bintitan

Bintitan adalah penyakit kulit di sekitar mata yang ditandai munculnya bintikan seperti jerawat atau bisul pada area mata. Bacalah doa untuk menyembuhkan sakit mata ketika mengalami bintitan baik sedikit maupun sudah banyak.

Doa ini juga dapat dikombinasikan dengan doa mengobati sakit bisul pecah. Silahkan simak doa untuk menyembuhkan sakit mata agar lekas segera sembuh dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

مرحبا بحبيبي وقرة عيني محمد بن عبد الله

Marhaban bi habibi wa qurrata ‘aini Muhammad ibni ‘Abdillah

Artinya:
"Selamat datang kekasih dan penyejuk mataku, Muhammad bin Abdullah."

Kesimpulan
Itulah beberapa bacaan doa ketika sakit mata buta, merah, gatal, rabun, katarak, bintitan, anak, ketika adzan, darussyifa, doa menyembuhkan sakit mata pada bayi, doa untuk obat sakit mata, doa untuk menghilangkan rasa sakit di mata, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>