Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha Arab dan Latin

Daftar Isi [Tampil]

Runimas.com - Doa untuk menyembelih hewan qurban. Nabi Ibraihm AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Beliau sedih, namun cintanya kepada Allah Ta'ala jauh lebih besar dibanding apapun.

doa menyembelih hewan qurban idul adha

Maka dari itu Nabi Ibrahim memutuskan untuk menurutinya. Bahkan, Nabi Ismail AS, anak Nabi Ibrahim yang hendak disembelih pun menyetujui apabila hal tersebut merupakan keputusan dari Allah SWT untuk mengurbankan dirinya.

Ketika tiba waktunya, Allah SWT mengganti Nabi Ismail AS dengan domba sehingga Nabi Ibrahim akhirnya memotong domba, bukan anaknya sendiri. Peristiwa tersebut yang melatarbelakangi ibadah qurban pada hari raya Idul Adha.

Setelah pada pagi hari melaksanakan mandi idul adha, kemudian pada waktu dhuha menjalankan ibadah sholat idul adha, kegiatan dilanjutkan dengan memotong hewan qurban bagi yang mampu. Namun tidak boleh sembarangan menyembelih, ada niat dan tata cara khusus untuk memotongnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai bacaan niat menyembelih dan memotong hewan qurban serta tata cara melaksanakannya yang benar dan sesuai sunnah. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak di bawah ini.

Doa Niat Menyembelih Hewan Qurban

doa menyembelih qurban

Untuk bacaan doa menyembelih hewan qurban tidak hanya terdiri dari satu doa, melainkan terdiri dari empat doa yang dibaca berturut-turut sesuai urutan di bawah ini. Langsung saja berikut adalah penjelasan mengenai doa dan niat memotong hewan qurban.

1. Basmallah

Pertama adalah membaca bacaan basmalah terlebih dahulu yang merupakan bacaan doa untuk mengawali segala sesuatu agar berjalan degan baik, lancar, dan menghasilkan hasil yang diinginkan.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya:
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang."

2. Sholawat Nabi Muhammad SAW

Setelah itu, bacalah sebuah sholawat nabi yang pendek, singkat, dan ringkas di bawah ini untuk memohon agar Allah SWT melimpahkan rahmat kepada Kanjeng Nabi dan keluarganya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad, wa alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Artinya:
"Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya."

3. Doa Takbir dan Tahmid

Kemudian dilanjutkan dengan membaca bacaan takbir untuk membesarkan nama Allah SWT serta bacaan tahmid untuk memuji kemuliaan Allah Ta'ala. Berikut adalah teks kalimat bacaan doa takbir dan tahmid di bawah ini.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, walillaahil hamd.

Artinya:
"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu."

4. Niat Menyembelih Hewan Qurban

Terakhir adalah membaca niat menyembelih hewan qurban, yakni dibaca tepat sebelum memotong leher hewan dengan menggunakan pisau yang tajam. Berikut adalah lafadz bacaan doa niat menyembelih hewan qurban sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih Arab, latin dan aritnya yang benar.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allaahumma haadzihii minka wa ilaika, fataqabbal minnii yaa kariim.

Artinya:
"Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Doa Setelah Menyembelih Hewan Qurban

Setelah menyelesaikan proses penyembelihan, dan ketika telah memastikan kambing, sapi, atau unta telah benar-benar kehilangan nyawa, maka ucapkan dan amalkanlah doa ini untuk mendapat ridha dari Allah SWT.

Makna dan fadhilah dari doa sesudah menyembelih hewan qurban ini adalah kita memohon supaya memberikan hidayah-Nya kepada kita, memberikan kegembiraan, dan melimpahkan keridhaan-Nya yang amat banyak.

لَنۡ یَّنَالَ اللّٰہَ لُحُوۡمُہَا وَ لَا دِمَآؤُہَا وَ لٰکِنۡ یَّنَالُہُ التَّقۡوٰی مِنۡکُمۡ ؕ کَذٰلِکَ سَخَّرَہَا لَکُمۡ لِتُکَبِّرُوا اللّٰہَ عَلٰی مَا ہَدٰىکُمۡ ؕ وَ بَشِّرِ الۡمُحۡسِنِیۡنَ

Artinya:
"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah, telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan, berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik."

Kesimpulan
Demikianlah penjelasan tentang doa menyembelih hewan qurban sapi untuk 7 orang, menurut muhammmadiyah, nahdlatul ulama (nu), doa menyembelih hewan kurban idul adha, untuk orang lain, milik orang lain, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha Arab dan Latin"