Doa dan Hadist Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Doa dan Hadist Menyambut Bulan Puasa Ramadhan
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa menyambut bulan ramadhan sesuai sunnah. Salah satu puasa wajib yang harus dikerjakan umat muslim ialah puasa ramadhan, puasa yang jatuh pada bulan suci ramadhan ini harus dikerjakan selama 30 hari berturut-turut bagi yang memenuhi syarat wajib dan sah puasa.

doa menyambut bulan puasa ramadhan

Bahkan bagi wanita yang berhalangan dan tidak dapat menunaikannya, maka harus menggantinya di hari lain sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan. Puasa ganti ini dinamakan dengan puasa qadha. Saking penting dan istimewanya puasa ini, maka umat muslim harus menyambutnya dengan penuh kegembiraan.

Ada banyak cara menyambut bulan suci ramadhan, mulai dari melaksanakan ziarah kubur, bersilaturahmi dengan sanak saudara, membersihkan masjid dan mushola sebagai tempat ibadah dan sholat tarawih maupun sholat witir, serta membaca doa sebelum bulan ramadhan.

Doa menyambut bulan puasa ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan dan khasiat. Barangsiapa mengamalkannya insyaallah ibadah puasa wajib yang kita laksanakan akan semakin sempurna dan pahala yang kita peroleh akan semakin meningkat.

Selain itu, doa memasuki bulan ramadhan juga telah disebutkan dalam berbagai hadist dan dalil yang shahih. Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan doa dan hadist untuk menyambut dan memasuki bulan suci puasa ramadhan. Silahkan disimak.

Hadist Menyambut Bulan Ramadhan

Ada sebuah hadist mengenai keutamaan menyambut bulan puasa ramadhan dengan gembira. Dalam hadist ini disebutkan bahwa ketika bulan ramadhan telah tiba, maka sejatinya bulan yang penuh berkah telah ada di depan mata kita.

Allah SWT mewajibkan seluruh umat Islam untuk menunaikan ibadah puasa pada bulan tersebut, bulan yang penuh berkah, segala pintu neraka akan ditutup dan sebaliknya pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya.

Seluruh syaitan akan dibelenggu begitu pula dengan malaikat yang akan ditugaskan untuk turun ke bumi pada salah satu malam di bulan ramadhan (malam lailatul qadar) yang lebih baik dari malam seribu bulan.

Malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dibanding seribu bulan, oleh karena itu kita harus memanfaatkan datangnya bulan ini untuk memperbanyak ibadah termasuk menyambutnya dengan penuh bahagia bersama dengan doa. Berikut adalah hadistnya.

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

Artinya:
"Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi."

Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

doa menyambut ramadhan

Di bawah ini adalah doa menyambut bulan ramadhan, doa yang dibaca tepat setelah hilal dipastikan terlihat di langit yang menandakan bahwa bulan suci ramadhan telah tiba. Doa ini sangat baik diamalkan pada saat setelah sholat ashar hingga menjelang maghrib.

Makna dari doa ini ialah kita memohon kepada Allah untuk memberkati bulan Rajab dan Syaban yang telah lewat serta bulan puasa ramadhan yang hendak dilalui. Berkah yang dipinta dapat bermacam-macam, meliputi kemudahan beribadah, dan sebagainya.

Berikut adalah lafadz bacaan doa lafadz menyambut bulan ramadhan yang benar sesuai sunnah Rasul Nabi Muhammad SAW berdasarkan hadist yang shahih ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahananya atau arti dalam bahasa Indonesia pendek singkat mudah dihafal.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Ramadhaana.

Artinya:
"Ya Allah SWT, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."

Kesimpulan
Bagi yang mengamalkan doa menyambut ramadhan diucapkan ketika melihat hilal, keistimewaan, utama, doa para ulama sebelum memasuki bulan ramadhan, doa menjelang ramadhan, syaikh abdul qodir al jailani, baca doa bulan ramadhan.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>