Doa Ketika Telinga Berdengung, Arti, Firasat dan Maknanya

Doa Ketika Telinga Berdengung, Arti, Firasat dan Maknanya
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa saat telinga berdenging dan maknanya. Pernahkah Anda merasa ada suara asing yang menggangu di telinga kiri atau kanan? Suara yang berbunyi "nging", atau "ngung" yang kadang membuat telinga kita sakit?

doa ketika telinga berdengung dan artinya

Mungkin kita beranggapan bahwa itu adalah kelainan atau penyakit yang bisa disembuhkan, namun dalam pandangan agama Islam, telinga yang berdengung memiliki makna bahwa Rasulullah SAW sedang memanggi nama kita.

Benarkah? Dari mana sumbernya? Lalu, apa yang harus kita lakukan sebagai manusia biasa yang mengalami fenomena tersebut? Adakah bacaan doa khusus yang dapat diamalkan ketika Nabi Muhammad SAW menyerukan nama kita?

Berdasarkan beberapa hadits shahih, ketika telinga kita berdenging atau berdengung, kita dianjurkan untuk membaca doa khusus, doa pendek sebagai amalan dan wirid agar Allah SWT memberi rahmat dan hidayah-Nya kepada Baginda Rasul.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menuliskan doa yang dibaca saat telinga berdengung. Doa yang bersumber dari hadits shahih ini akan ditulis dalam bahasa Arab, latin beserta artinya dan sangat baik apabila kita mengamalkannya.

Doa Ketika Telinga Berdengung

doa ketika telinga berdengung

Ada dua macam doa yang bisa diamalkan ketika telinga berdengung atau berdenging. Ada doa yang pendek dan ada juga doa yang panjang. Berikut akan kami tuliskan kumpulan doa saat telinga berdenging beserta maknanya baik telinga kanan atau kiri.

1. Bacaan Doa Ketika Telinga Berdengung

Makna dari doa ini adalah ketika telinga berdengung, kita memohon kepada Allah SWT agar Nabi Muhammad selalu dimuliakan dengan memberi sholawat, serta memohon agar memberi rahmat kepada nama yang disebutkan oleh Nabi.

Berikut adalah doa saat telinga berdengung dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang shahih sesuai sunnah yang panjang dan lengkap.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذَكَرَهُ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin, dzakarahullâhu man dzakaranî bikhairin.

Artinya:
"Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan."

2. Doa Ketika Telinga Berdengung dan Artinya

Alternatif dari doa di atas adalah doa pendek berikut ini. Tidak jauh berbeda dengan doa sebelumnya karena makna pada doa ini ialah mohon agar Nabi Muhammad SAW selalu dilimpahkan sholawat dan kebaikan beserta kepada keluarga dan keturunanya.

Silahkan simak doa singkat, pendek, dan ringkas ketika telinga berdengung di bawah ini. Ditulis dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ ذَ كَرَاللهُ بِخَيْرٍ مَنْ ذَ كَرَنِيْ

Allaahumma sholli ‘alaa Muhammadin dzakarallaahu bikhoirin man dzakaronii.

Artinya:
"Ya Allah semoga sholawat dilimpahkan atas Nabi Muhammad. Semoga Allah menyebut suatu kebaikan kepada orang yang menyebut daku."

Makna Ketika Telinga Berdengung

Ada perbedaan makna saat telinga berdenging. Telinga kanan memiliki makna sendiri begitu pula dengan telinga kiri. Berikut adalah masing-masing makna, arti, firasat, fakta dan rahasia telinga berdengung.

1. Makna Telinga Kiri Berdengung Menurut Islam

  • Tanda munculnya penyakit meniere hingga trauma otak.
  • Tanda bahwa ketajaman pendengaran mulai berkurang.
  • Banyak tumpukan kotoran di dalam telinga.
  • Berubahnya struktur tulang telinga bagian dalam atau tengah.

2. Makna Telinga Kanan Berdengung Menurut Islam

  • Tanda bahwa telinga sebelah kanan rusak.
  • Tanda munculnya tumor di dalam otak.
  • Terjadi karena mendengar suara keras.
  • Tanda munculnya berbagai penyakit seperti abnormalitas, meniere, dll.

Kesimpulan

Itulah doa saat telinga berdengung, kuping berdenging, panggilan dan seruan dari Rasulullah SAW, arti telinga berdengung sebelah kanan menurut islam, laki-laki, wanita, penyebab telinga berdengung menurut islam, mitos, fakta, rahasia, firasat, dll.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>