Doa Menyambut Kelahiran Bayi Anak Sesuai Sunnah

Doa Menyambut Kelahiran Bayi Anak Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa menyambut kelahiran bayi anak keturunan. Sebelumnya kita telah membahas mengenai bacaan doa agar cepat hamil. Apabila doa telah dijabah oleh Allah SWT, kita harus mensyukurinya.

doa menyambut kelahiran bayi anak

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan diri agar janin yang terkandung di dalam tubuh dapat tumbuh dengan sehat dan normal. Insyaallah apabila kita memenuhi nutrisi, rajin berolahraga ringan dan sering bergerak, bayi dalam kandungan pun akan tumbuh dengan kuat.

Ketika bayi telah lahir ke dunia, jangan lupa syukuri. Ingat yang pertama adalah bacakanlah doa adzan yang menjadi isyarat atau tanda bahwa bayi yang baru saja lahir ke dunia telah masuk ke dalam agama Islam.

Setelah bayi diadzani pada telinga bagian kanan, jangan lupa baca doa untuk menyambut kelahiran bayi. Sebuah doa khusus yang dimaksudkan untuk mengucap syukur atas karunia dan berkah dari Allah SWT sehingga kita dapat diberi kepercayaan untuk memiliki keturunan.

Doa menyambut kelahiran bayi, anak, keturunan, atau buah hati ini juga dapat dijadikan bacaan pada saat selamatan bayi. Ketika semua orang berkumpul bersama-sama mendoakan bayi yang baru lahir. Bagi yang belum mengetahui doanya, silahkan simak di bawah ini.

Doa Menyambut Bayi Lahir

doa menyambut bayi lahir

Bayi atau anak merupakan karunia yang begitu besar diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Khususnya bagi yang baru menikah, maka bayi menjadi kado pernikahan yang paling membahagiakan sepanjang hidup.

Bagi yang telah lama menikah dan baru memiliki anak juga harus benar-benar bersyukur kepada Allah SWT. Karena tanpa adanya pertolongan Allah Ta'ala, kita tidak akan diberi kesempatan untuk menggendong buah hati.

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa untuk menyambut bayi yang baru lahir ke dunia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan dalam bahasa Indonesia.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allaahummaj ‘alhu baarran taqiyyan rasyiidan wa-anbit-hu fil islaami nabaatan hasanan.

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik."

Doa Menyambut Kelahiran Bayi

Selain doa di atas, ada pula doa menyambut kelahiran bayi yang shahih lainnya. Doa ini juga dapat dibaca bagi yang menjenguk bayi, bersyukur atas kelahiran bayi, doa agar bayi yang baru lahir dapat tumbuh dengan sehat.

Langsung saja berikut di bawah ini adalah doa untuk ketika menyambut kelahiran bayi yang singkat, pendek, dan ringkas sesuai sunnah bai bayi yang lahir secara normal maupun melalui operasi caesar yang menyulitkan.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya:
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat."

Doa Menyambut Kelahiran Anak

Terakhir ada doa untuk menyambut kelahirana anak baik anak pertama, kembar laki-laki, perempuan, campuran, anak kedua, ketiga, hingga anak bontot sekalipun. Wajib kita syukuri salah satunya dengan membaca doa di bawah ini.

Makna, manfaat, keutamaan, faedah, dan fadhilah doa menyambut kelahiran anak ini adalah utuk memohon perlindungan agar anak yang baru saja dilahirkan dijauhkan dai godaan syaitan-syaitan yang terkutuk.

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa innii u’iidzu bika wadzurriyyatahaa minasysyaithaanir rajiim.

Artinya:
"Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk."

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang doa menyambut kelahiran bayi, bacaan doa selamat ketika menyambut kelahiran bayi pertama, doa untuk bayi lahir prematur, meninggal, malaysia, doa kelahiran anak putra, shahih, dalam islam, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>