Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Ketika Kehilangan Barang Supaya Cepat Kembali

Daftar Isi [Tampil]

Runimas.com - Doa ketika kehilangan barang. Pada pembahasan sebelumnya kita telah menjelaskan mengenai doa agar mudah menghafal, yang tujuannya ialah memohon kepada Allah SWT agar kita diberi kemudahan untuk mengingat.

doa kehilangan barang supaya cepat kembali

Namun yang namanya manusia tetaplah tempatnya salah dan lupa. Setiap manusia pasti pernah lupa akan suatu hal, bahkan ada beberapa orang yang tidak sengaja melupakan hal-hal yang penting contohnya seperti lupa menunaikan sholat. Apabila lupa menjalankan sholat maka harus melaksanakan sujud tilawah.

Manusia juga sangat sering lupa tempat menaruh barang. Termasuk yang sedang membaca artikel ini, pasti pernah lupa menaruh barang di mana, ya kan? he he. Tapi meski demikian, apabila kita berusaha mencari dengan keras maka insyaallah barang yang kita cari akan segera ditemukan.

Tentu saja jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar memberi kita kemudahan untuk mencari dan menemukan barang yang hilang entah di mana. Karena Allah SWT adalah Dzat yang maha menolong lagi maha membantu orang-orang yang kesulitan.

Di bawah ini, kami ingin membagikan doa-doa khusus untuk orang yang tengah kehilangan barang agar cepat ditemukan. Mudah-mudahan dengan mengamalkan doa ini, disertai usaha keras untuk mencari, insyaallah Allah SWT akan mempermudah jalan kita. Amin.

Doa Ketika Kehilangan Barang

doa ketika kehilangan barang

Di bawah ini merupakan doa yang dibaca ketika baru pertama kali menyadari barang yang kita miliki hilang. Entah itu karena terselip di dalam rumah maupun jatuh di tengah jalan. Amalkan doa ini agar barang yang hilang tetap aman atau minimal diambil oleh orang yang bertanggung jawab.

Makna dari doa ini ialah memohon kepada Allah SWT sebagai Dzat yang kelak akan mengumpulkan seluruh manusia pada satu tempat, agar dapat mempertemukan kita dengan barang yang hilang sesegera mungkin.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat kehilangan barang, ketika ada barang yang hilang sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap pendek, singkat, dan ringkas.

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jami‘an nasi li yaumin la raiba fihi, ijma’ baiia wa baina dlallati fi khairin wa ‘afiyah.

Artinya:
"Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah."

Doa Supaya Barang Hilang Cepat Kembali

Selain doa di atas, ada pula alternatif amalan wirid atau dzikir lainnya yang bisa dibaca atau dilafadzkan khusus untuk memohon supaya barang yang hilang cepat ditemukan dan kembali ke tangan kita.

Makna dan fadhilah dari doa ini ialah memohon supaua agar Allah SWT menjaga barang kita yang hilang serta memohon agar Allah SWT memberi kemudahan agar kita bisa segera menemukan barang atau sesuatu yang hilang.

Anda bisa membaca doa ini kapan saja, ketika sedang mencari barang maupun pada saat selesai sholat, termeung di pagi, atau malam hari ketika barang sudah hilang berhari-hari. Berikut adalah lafadz dan bacaan doanya.

أن من ضاع له شيء فليتوضأ وليصل ركعتين وليتشهد وليقل:بسم الله يا هادي الضلال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك

Artinya:
"Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu salatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan ‘bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’ (Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu)."

Kesimpulan
Itu dia doa ketika kehilangan barang berharga, supaya kembali, dalam islam, agar dikembalikan, rumi, agar ketemu, doa barang hilang kembali, ketemu lagi, doa agar barang hilang kembali lagi, cepat ketemu, dijumpai, ditemui semula, bisa bertemu lagi, dapat kembali dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Ketika Kehilangan Barang Supaya Cepat Kembali"