Doa Agar Pikiran Terang, Tenang, Diberi Cahaya Oleh Allah

Doa Agar Pikiran Terang, Tenang, Diberi Cahaya Oleh Allah
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa agar tenang dan damai. Setiap orang di dunia ini pasti memiliki masalah, dan kadang masalah tersebut membuat hati kita tidak tenang, khawatir, cemas, bahkan membuat pikiran kita menjadi gelap alias tidak dapat berpikir apa-apa.

doa agar pikiran terang diberi cahaya oleh allah

Berbagai masalah muncul dalam kehidupan rumah tangga dan keluarga, seperti masalah ekonomi, terlilit hutang, anak yang bandel dan tidak berbakti, serta perpecahan dan perselisihan dengan pasangan suami atau istri.

Pikiran yang tidak terang juga dapat disebabkan karena terjadi masalah di lingkungan sekitar seperti teman yang membenci kita, pekerjaan yang terlalu berat, cita-cita dan keinginan yang tidak tercapai hingga banyak hal lainnya.

Dalam keadaan seperti itu, kita perlu ingat kembali kepada Allah SWT, mohon ampunlah dan bacalah doa agar masalah cepat selesai. Insyaallah Allah SWT akan membantu kita mengatasi apa yang menurut kita terasa berat.

Selain itu, ada pula amalan lain yang dapat kita lakukan untuk memohon agar pikiran terang dan bercahaya, maksudnya ialah mampu kembali berpikir jernih dan menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan teks doa tersebut.

Doa Agar Pikiran Terang dan Damai

Doa mohon kepada Allah SWT supaya pikiran dapat diterangkan ini cukup panjang dan memiliki makna yang sangat luas. Diantaranya ialah kita memohon kepada Allah SWT agar menjadikan setiap bagian dari tubuh kita menjadi cahaya.

Seperti wajah, tangan, pendengaran, penglihatan, pikiran, kaki, perut, badan, otak, mata, perbuatan, termasuk membuat cahaya dalam kubur kita kelak dan membuat cahaya bagi apa yang ada di sekitar kita (di depan, belakang, kanan, dan kiri).

Berikut adalah lafadz bacaan doa supaya pikiran terang bercahaya dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap dan panjang berdasarkan hadist shahih sesuai sunnah yang benar.

1. Doa Agar Pikiran Terang Bercahaya Arab

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًافِيْ قَلْبِيْ وَنُوْرًافِيْ قَبْرِيْ وَنُوْرًافِيْ سَمْعِيْ وَنُوْرًافِيْ بَصَرِيْ وَنُوْرًافِيْ شَعْرِيْ وَنُوْرًافِيْ بَشَرِيْ وَنُوْرًافِيْ لَحْمِيْ وَنُوْرًافِيْ دَمِيْ وَنُوْرًافِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًامِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَنُوْرًامِنْ خَلْفِيْ وَنُوْرًاعَنْ يَمِيْنِيْ وَنُوْرًاعَنْ شِمَالِيْ وَنُوْرًامِنْ فَوْقِيْ وَنُوْرًامِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًاوَاَعْطِنِيْ نُوْرًاوَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًاوَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

2. Doa Agar Pikiran Bercahaya Latin

Allaahummaj’al lii nuuran fii qalbii, wa nuuran fii qabrii, wa nuuran fii sam’ii wa nuuran fii basharii wa nuuran fii sya’rii wa nuuran fii basyarii wa nuuran fii lahmii wa nuuran fii damii wa nuuran fii ‘idhaamii. Wa nuuran mim baini yadayya wa nuuram min khalfii wa nuuran ‘an yamiinii wa nuuran ‘an syimaalii wa nuuran min fauqii wa nuuram min tahtii. Allahumma zidnii nuuraw wa a’thinii nuuraw waj’al lii nuuraw waj’alnii nuuraan.

3. Doa Agar Pikiran Terang dan Artinya

Artinya:
"Ya Allah jadikanlah cahaya dalam hatiku, cahaya dalam kuburku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya dalam rambutku, cahaya dalam kulitku, cahaya dalam dagingku, cahaya dalam darahku dan cahaya dalam tulang-tulangku.

Dan cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di atasku dan cahaya di bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya kepadaku, berikanlah cahaya kepadaku dan jadikanlah cahaya bagiku dan jadikanlah diriku cahaya.

Dan cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di atasku dan cahaya di bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya kepadaku, berikanlah cahaya kepadaku dan jadikanlah cahaya bagiku dan jadikanlah diriku cahaya."

Kesimpulan
Sekian penjelasan tentang doa agar pikiran terang, doa memohon cahaya allah, jernih, ide inspiratif, doa memohon supaya diterangkan pikiran, doa penenang hati, amalan menurut islam, doa agar pikiran jelas, fokus, dapat berpikir, dan menjadi terang.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>