Doa Agar Hati dan Pikiran Tenang, Ikhlas, Tidak Gelisah

Doa Agar Hati dan Pikiran Tenang, Ikhlas, Tidak Gelisah
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa supaya hati ikhlas dan pikiran tenang. Pada artikel tempo hari kita telah menjelaskan mengenai doa agar masalah cepat selesai. Masalah kehidupan memang akan datang silih berganti. Apabila satu masalah selesai, maka masalah yang lain akan datang.

doa agar hati dan pikiran tenang

Hal tersebut membuat dunia kita menjadi lebih berwarna dan indah. Namun di sisi lain, masalah yang berkepanjangan dapat membuat kepala sakit, jiwa dan pikiran tenang, serta hati merasa gelisah, takut, was was, serta tidak ikhlas menerima kenyataan yang ada.

Hati yang tidak tenang selain dapat ditimbulkan karena masalah, juga bisa muncul ketika seseorang berharapan dengan sesuatu yang menegangkan dan menetukan nasib. Contohnya ketika mengikuti ujian, melamar pekerjaan, atau menyatakan cinta kepada seseorang.

Cara membuat hati tenang adalah jangan berpikir negatif, selalu memikirkan hal-hal yang positif, dan tidak mudah terpengaruh oleh omongan orang lain atau bisikan syaitan. Selain itu, berdoa kepada Allah SWT juga sangat penting untuk menghindarkan diri dari ketegangan.

Di bawah ini, ada beberapa kumpulan doa untuk memohon supaya hati dan pikiran tenang, ikhlas, tidak gelisah, optimis, yakin, percaya diri, dan berani megambil risiko. Doa di bawah ini diambil dari berbagai hadits shahih silahkan disimak.

Doa Agar Hati dan Pikiran Tenang

doa agar pikiran tenang

Bagi yang hatinya tidak tenang, terlalu banyak pikiran mengganggu, terlalu sedih dirundung masalah, terlalu rumit perjalanan kehidupan, terlalu sulit untuk menentukan satu diantara dua pilihan, maupun sebagainya, silahkan baca doa pendek di bawah ini.

Doa ini merupakan doa yang diamalkan sebagai wirid atau dizikir supaya hati dan pikiran tenang, agar tidak mudah terganggu dengan hal-hal buruk. Bacalah doa ini selepas selesai sholat, contohnya seperti doa setelah sholat tahajud.

Insyaallah dengan mengamalkan doa pendek, ringkas, dan singkat di bawah ini kehidupan kita akan menjadi lebih mudah karena Allah SWT memberi ketenangan hati terhadap kita supaya kita bisa berpikir lebih jernih untuk memikirkan solusi atau jalan keluar terbaik.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.

Artinya:
“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.”

Doa Ketenangan Hati Dalam Al Quran

Selain doa di atas, ada pula doa memohon ketenangan hati dalam Al-Quran. Tujuan dari doa ini adalah agar Allah SWT membantu membuat hati kita menjadi lebih tenang, supaya dapat meredam emosi yang meluap, ketika hendak marah atau sedih berlebihan.

Makna dari doa ini ialah memohon kepada Allah agar melindungi kita dari rasa sedih serta duka yang memicu perasaan frustasi dalam diri. Selain itu, kita juga memohon kepada-Nya agar menghilangkan kelemahan kita, sifat bakhil dan pengecut.

Di bawah ini merupakan bacaan doa lafadz untuk meminta ketenangan hati dalam Al-Quran yang benar sesuai sunnah menurut hadits shahih ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya:
"Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Kesimpulan
Itu dia sedikit ulasan tentang doa agar hati tenang dan ikhlas, rasa cemburu, sabar dan bahagia, ketika hamil, menghadapi ujian, menurut islam, doa hati tenang menghadapi masalah, doa penyejuk hati dan pikiran, doa menenangkan hati yang sedih.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>