Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Adzan dan Iqomah Arab, Latin dan Terjemahan

Daftar Isi [Tampil]

Runimas.com - Bacaan adzan dan iqomah yang benar. Adzan merupakan panggilan untuk menjalankan ibadah sholat wajib bagi umat Islam. Mulai dari adzan dzuhur, ashar, maghrib hingga isya memiliki bacaan yang sama.

bacaan doa adzan dan iqomah

Khusus untuk bacaan adzan subuh sedikit berbeda karan terdapat kalimat tambahan "khayya 'alasshalaat" yang artinya "lebih baik sholat dibanding tidur" karena sholat subuh itu istimewa, dikerjakan pada waktu dinihari sebelum matahari terbit.

Sedangkan iqomah merupakan seruan atau panggilan agar para jamaah sholat di masjid segera membentuk shaff atau barisan sholat karena ibadah akan segera dimulai. Bacaan iqomah hampir mirip seperti adzan namun dibaca lebih cepat dan ada satu bacaan tambahan.

Baca: Doa Setelah Adzan dan Iqomah

Suara adzan dan iqomah sangat sering kita dengar, tidak hanya di masjid atau mushola, di televisi dan radio pun kerap kita dengar setiap memasuki waktu sholat. Pada saat hari jumat, adzan dzuhur diganti menjadi adzan sholat jumat.

Bagi yang memiliki tugas untuk adzan, ingin mencetak teks dan tulisan adzan, atau ada tugas sekolah untuk menyalin bacaan adzan serta iqomah dalam bahasa Arab dan latin, silahkan simak di bawah ini, akan kami tuliskan keduanya.

Bacaan Doa Adzan Arab Latin dan Terjemahan

Adzan dibaca tepat setelah memasuki waktu sholat. Pada sholat subuh, adzan dibaca tepat sebelum fajar terbit atau ketika ada tanda-tanda matahari hendak muncul. Adzan sholat dzuhur ditandai dengan tergelincirnya matahari ke arah barat.

Sementara adzan sholat ashar dikumandangkan jika matahari mulai berwarna oranye, ketika panasnya tidak lagi menyengat kulit. Adzan maghrib diserukan saat matahari terbenam dan adzan sholat isya dibaca saat cahaya matahari telah hilang sepenuhnya dan sudah masuk waktu malam hari.

Di bawah ini merupakan bacaan doa ketika adzan yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap yang benar.

ٱللهُ أَكْبَر

Allahu Akbar.

Artinya:
"Allah Maha Besar."

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا ٱلله

Asyhadu Allaa Ilaaha Illallaah.

Artinya:
"Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah."

أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ ٱلله

Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah.

Artinya:
"Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah / Utusan Allah."

حَيَّ عَلَى ٱلصَّلَاة

Hayya’ Alash Shalaah.

Artinya:
"Marilah Shalat."

حَيَّ عَلَى ٱلْفَلَاح

Hayya’ Alal Falaah.

Artinya:
"Marilah menuju kemenangan."

ٱللهُ أَكْبَر

Allahu Akbar.

Artinya:
"Allah Maha Besar."

لَا إِلٰهَ إِلَّا ٱلله

Laa ilaaha illallaah.

Artinya:
"Tiada tuhan selain Allah."

Bacaan Doa Iqomah Arab Latin dan Terjemahan

Sementara iqomah dibaca untuk mengiringi adzan, biasanya iqomah dikumandangkan 5-10 menit selepas adzan. Jadi, terdapat jeda waktu bagi jemaah untuk melaksanakan ibadah sholat sunnah qabliyah terlebih dahulu agar sholat fardhu menjadi semakin sempurna.

Sementara apabila iqomah telah dikumandangkan, maka jamaah harus bergegas berbaris untuk sholat. Isi shaff yang paling depan terlebih dahulu, rapatkan agar muat lebih banyak orang. Bagi yang kebetulan masih sholat sunnah, maka selesaikanlah lebih dulu.

Di bawah ini merupakan bacaan doa iqomah yang benar sesuai hadits shahih dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia lengkap. Silahkan simak lafadz tulisan bacaan iqomah di bawah ini.

اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar

أَشْهَدُ اَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّااللهُ

Asyhadu allaa illaaha illallaah

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah

حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ

Hayya 'alashshalaah

حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ

Hayya 'alalfalaah

قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ ،قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ

Qad qaamatish-shalaah, Qad qaamatish-shalaah

اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar

لَاإِلٰهَ إِلاَّاللهُ

Kesimpulan
Sekian penjelasan mengenai doa adzan dan iqomah sesuai sunnah, pendek, singkat, ringkas, pdf, bacaan adzan untuk orang meninggal, jenazah, mayit, bayi, bacaan iqamah dikumandangkan dengan suara, hampir sama dengan, yang shahih.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Adzan dan Iqomah Arab, Latin dan Terjemahan"