Doa Ketika Memulai Pekerjaan, Sebelum Bekerja di Kantor

Doa Ketika Memulai Pekerjaan, Sebelum Bekerja di Kantor
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa ketika mulai dan mengakhiri pekerjaan. Sudah menjadi kewajiban seorang manusia, khususnya laki-laki sebagai kepala keluarga untuk bekerja mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri maupun anggota keluarganya baik istri atau anak.

doa ketika bekerja sebelum memulai pekerjaan

Saat mendapat pekerjaan, kita harus mensyukurinya salah satunya dengan mengucap doa mensyukuri nikmat. Ketika sudah mulai bekerja, kita juga harus rutin berdoa khususnya sebelum memulai pekerjaan atau ketika akan berangkat bekerja.

Ketika hendak berangkat ke kantor untuk kerja, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa keluar rumah dan doa naik kendaraan bila cara menuju ke tempat kerja menggunakan kendaraan seperti motor, mobil, bus, kereta, KRL, MRT, taksi dan sebagainya.

Di sisi lain, Rasul juga menganjurkan kita untuk berdoa saat akan memulai pekerjaan, doa yang dibaca tepat ketika sudah sampai kantor dan siap memulai pekerjaan. Doa yang dimaksud bersumber dari hadits shahih sahabat Nabi Muhammad SAW.

PAda kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas kumpulan doa yang dapat diamalkan saat hendak mengawali pekerjaan baik di dalam kantor maupun pekerjaan di luar kantor (di lapangan). Silahkan simak masing-masing doanya berikut ini.

Doa Ketika Memulai Pekerjaan

doa memulai pekerjaan

Doa ketika memulai pekerjaan berikut dapat diamalkan saat akan memulai pekerjaan. Tidak harus bekerja di kantor, pekerjaan yang dilakukan di dalam rumah pun juga perlu diawali dengan doa berikut. Termasuk pekerjaan rumah (PR) bagi siswa-siswi yang masih sekolah.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat hendak memulai pekerjaan dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih secara singkat, ringkas, dan pendek. Silahkan simak doanya berikut ini.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ وَوَسِّعْ خُلُقِيْ وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu ‘annii.

Artinya:
"Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku."

Doa Sebelum Bekerja di Kantor

Doa sebelum kerja di kantor ini dianjurkan dibaca bagi karyawan yang masih bekerja di kantor perusahaan baik perusahaan swasta, pegawai negeri, maupun perusahaan nasional (BUMN). Adapun doa ini juga bisa dibaca bersama-sama dengan rekan kerja di kantor yang lain.

Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum bekerja di kantor ketika sudah sampai tempat kerja dalam bahasa Arab, tulisan latin serta terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia secara lengkap menurut hadits yang shahih.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلىَ اللهِ وَاعْتَصَمْتُ بِااللهِ وَفَوَّضْتُ أَمْرِى إِلَى اللهِ حَسْبِىَ اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَةَإِلَّابِاللهِ اْلعَلِىِّ اْلعَظِيْمِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi wa tashamtu billaahi wa faw-wazhtu amri ilallaahi hasbiyallaahu wani’mal wakiilu walaa haula wallaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim.

Artinya:
"Dengan nama Allah, Aku mulai dan aku bertawakal kepada Allah, Aku berpegang teguh kepada Allah, dan aku menyerahkan kepada Allah, cukup Allah tempatku berpegang dan bertawakal, tidak ada yang lebih kuat dan kuasa, hanya Allah yang Maha Tinggi dan Maha Esa."

Kesimpulan

Itulah doa sebelum bekerja, memulai aktivitas di kantor, doa memulai pekerjaan agar lancar, doa memulai dan mengakhiri pekerjaan sesuai sunnah, doa semangat kerja, doa bekerja perjalanan, doa mengawali aktivitas pagi, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>