Doa Menyembuhkan Sakit Perut, Kembung, Diare, Muntah

Doa Menyembuhkan Sakit Perut, Kembung, Diare, Muntah
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa mohon kesembuhan sakit perut. Pada saat makan, kita dianjurkan membaca doa sebelum dan sesudah makan agar makanan yang masuk ke tubuh kita menjadi berkah dan terhindar dari racun yang menyebabkan penyakit.

doa menyembuhkan sakit perut, kembung, diare, muntah

Terutama sakit perut yang merupakan jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia apabila salah makan. Sakit perut ada banyak macamnya, mulai dari perut melilit, perih, kembung, hingga menyebabkan diare, mual-mual dan muntah.

Ketika perut kita sakit, sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter, atau minimal beli obat sakit perut di apotek terdekat. Jangan lupa baca doa minum obat agar Allah SWT membantu kita mengangkat penyakit yang ada di dalam perut. Selain membaca doa pada saat meminum obat, dalam sebuah hadits diriwayatkan doa pendek lain yang khusus dibaca ketika sakit perut melanda.

Amalan ini bisa kita jadikan dzikir atau wirid ketika sakit perut tidak kunjung sembuh. Bagi yang ingin mengetahui doanya, berikut akan kami tuliskan macam-macam kumpulan doa sait perut, ketika perut kembung, diare hingga muntah yang bersumber dari berbagai hadits shahih dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Doa Menyembuhkan Sakit Perut

doa menyembuhkan sakit perut
Berikut ini merupakan hadits yang menjelaskan doa penyembuh sakit perut oleh Imam Muslim. Dalam hadits ini dijelaskan amalan doa untuk menyembuhkan sakit perut beserta gerakan dan hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan.

Makna dari doa ini ialah untuk memohon kesembuhan perut yang sakit dengan kekuasaan-Nya, serta menghilangkan segala keburukan dan kekhawatiran, berikut adalah lafadz bacaan doa ketika sakit perut dalam bahasa Arab, latin dan artinya lengkap.

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ,ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya:
Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

Doa Menyembuhkan Perut Kembung

Saat perut sakit karena terlalu banyak minum (kembung), amalkan doa berikut ini sambil memegang atau mengusap bagian perut yang sakit, insyaallah Allah SWT akan menolong kita agar sakit yang kita rasakan tiak terlalu buruk.

Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk menyembuhkan perut kembung, agar perut tidak terasa sakit, agar kita mampu menahan rasa sakit yang diderita di area perut. Inilah doa untuk mohon kesembuhan perut kembung sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya:
"Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

Doa Menyembuhkan Diare

Penyakit perut kadang menyebabkan kita sulit makan, hal tersebut kemudian berdampak pada pencernaan kita sehingga memungkinkan kita terserang diare atau mencret, ini bisa terjadi pada siapa saja tidak peduli bayi, anak-anak, remaja, orangtua, hingga orang dewasa.

Makna dari doa ini ialah mohon perlindungan kepada-Nya dari segala keburukan, racun yang mungkin ada di dalam perut, dan segala hal yang menyebabkan diare itu muncul. Silahkan simak doa menyembuhkan sakit diare yang pendek dan ringkas berikut ini.

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru.

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan."

Doa Menyembuhkan Muntah

Ketika makan terlalu banyak, kekenyangan atau makan dalam kondisi perut yang tidak enak menyebabkan rasa mual dan kadang rasa mual tersebut membuat kita muntah. Ini adalah salah satu penyakit yang sumber asalnya dari perut.

Setelah muntah, bacalah doa panjang dan lengkap berikut ini agar penyakit tidak menyebar, supaya kita tidak muntah atau mual lagi dan mudah-mudahan bisa menyembuhkan serta menghilangkan segala macam penyakit yang hinggap di dalam perut.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:
"Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya."

Kesimpulan

Itu dia doa menyembuhkan sakit perut pada anak, bayi, saat haid, datang bulan, mencret, menurut islam, doa menghilangkan rasa sakit di perut, doa untuk menyembuhkan penyakit perut yang diajarkan Rasulullah SAW.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>