Bacaan Doa ke Ahli Kubur Ketika Melewati Kuburan atau Makam

Bacaan Doa ke Ahli Kubur Ketika Melewati Kuburan atau Makam
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa untuk ahli kubur saat berada di kuburan atau pemakaman. Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa ketika melewati tempat angker, kuburan atau pemakaman merupakan salah satu tempat yang angker dan membuat bulu kuduk merinding.

doa untuk ahli kubur ketika melewati kuburan atau makam

Berbeda dengan tempat angker pada umumnya, ketika memasuki kuburan kita harus menghormati penghuninya, yakni roh-roh yang berada di alam kubur, yang mungkin sedang diberi siksaan oleh para malaikat atau kuburannya dilapangkan oleh malaikat.

Ketika memasuki pemakaman atau kuburan, kita harus mendoakan mereka yang telah meninggal dunia sebagai ahli kubur, doakan mereka agar terhindar dari siksa kubur, diampuni dosanya, dan diberi perlindungan oleh Allah SWT.

Siapapun mereka wajib kita doakan, entah itu saudara atau kerabat kita, ataupun orang yang sama sekali tidak kita kenal tetap harus kita doakan atas nama saudara seiman. Bukankah sesama muslim harus saling mendoakan?

Baca: Doa Untuk Orangtua yang Telah Meninggal

Pada kesempatan yang baik ini, di bawah ini ada beberapa doa yang bisa menjadi amalan untuk diucapkan sebagai dzikir atau wirid ketika berkunjung ke makam, memasuki kuburan, mengunjungi pemakaman atau berziarah ke tempat pemakaman. Silahkan disimak.

Doa Untuk Ahli Kubur

doa untuk ahli kubur agar diampuni dosanya

Bacalah doa berikut ini untuk memohon agar segala dosa dan kesalahan penduduk kubur diampuni oleh Allah SWT. Berikut adalah lafadz bacaan doa yang ditujukan untuk ahli kubur dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ

Assalaamu ‘alaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas’alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya:
"Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan."

Doa Ketika Melewati Kuburan

Saat memasuki kuburan atau pemakaman, bacalah doa berikut ini untuk minta izin kepada para penghuninya, ucapkan salam untuk memasuki tempat tinggal mereka yang telah lebih dahulu mendahului kita.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَإِنَّا بِكُمْ لَاحِقُونَ اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُمْ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ

Assalaamu ‘alaikum daara qaumin muk’miniina antum lanaa farathun wainnaa bikum laa hiquunallaahumma laa tahrimnaa ijrohum walaa taftinnaa ba’dahum.

Artinya:
"Semoga kesejahteraan untuk kalian semua, kampung kaum mukminin. Kalian telah mendahului kami. Dan kami akan menyusul kalian insya Allah. Ya Allah, janganlah engkau haramkan kami dari pahala mereka dan jangan timpakan fitnah kepada kami setelah mereka."

Doa Ketika Melewati Makam

Selain doa di atas, ada juga doa yang bisa dibaca ketika berziarah ke makam kerabat atau keluarga, bacalah doa berikut ini ketika mengunjungi pemakaman orang yang kita kenal, lafadzkan untuk memohon agar sang ahli kubur diampuni segala kesalahannya dan diluaskan kuburannya.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi’ Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa’i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A’idhu Min ‘Adzaabil Qabri.

Artinya:
"Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

Kesimpulan
Itulah doa ke ahli kubur ketika melewati kuburan, doa memasuki makam orang baik muslim maupun non muslim, doa salam ketika memasuki pemakaman, doa ziarah kubur dan faedahnya, doa yang diucapkan Nabi saat masuk ke kuburan.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>