Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha Arab, Latin, Artinya

Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha Arab, Latin, Artinya
Konten []
    Runimas.com - Niat mandi idul fitri dan idul adha. Sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat sunnah idul fitri atau sholat sunnah idul adha (sholat i'ed), kita dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu.

    niat mandi idul fitri dan idul adha

    Sebagaimana pernyataan bahwa kebersihan sebagian dari iman, maka kita harus menjaga kebersihan sebelum dapat dikatakan beriman. Menjaga kebersihan tubuh saat hendak sholat berjamaah di masjid adalah sesuatu hal yang dimuliakan Allah SWT.

    Mandi yang dilakukan pada pagi hari raya lebaran dan hari raya kurban dilakukan bukan seperti mandi wajib, melainkan seperti mandi biasa namun dengan mengawalinya sambil berdoa terlebih dahulu.

    Baca: Doa Ketika Akan Mandi Biasa

    Doa ditujukan untuk memohon agar Allah SWT melindungi kita pada saat berada di dalam kamar mandi baik dari bisikan syaitan maupun kecelakaan yang mungkin terjadi. Berikut adalah doa niat mandi pada hari raya, silahkan disimak.

    Niat Mandi Idul Fitri Arab Latin dan Artinya

    niat mandi idul fitri

    Mandi pada hari raya idul fitri dilakukan pagi hari sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat i'ed. Bisa dilakukan setelah sholat subuh maupun sebelum sholat subuh. Namun yang paling utama adalah mandi pada saat menjelang subuh.

    Hal ini dilakukan supaya tubuh kita benar-benar bersih bukan hanya pada saat sholat hari raya saja, melainkan juga pada saat sholat subuh sehingga pahala yang kita peroleh dari Allah SWT akan semakin banyak.

    Berikut adalah bacaan lafadz teks niat mandi di hari raya idul fitri sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil fithri sunnatan lillaati ta’aala.

    Artinya:
    "Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri sunnah karena Allah Taala."

    Niat Mandi Idul Adha Arab Latin dan Artinya

    niat mandi idul fitri

    Perbedaan niat mandi idul fitri dan idul adha dapat kita lihat pada bagian tengah di mana perbedaannya terletak pada nama hari di mana kita melakukan mandi sunnah. Saat idul fitri kita menyebut liyami 'iidil fithri sedangkan pada saat idul adha kita mengucap liyaumi 'iidil adhaa.

    Barang siapa melaksanakan mandi pada pagi hari di hari raya idul adha, insya Allah Allah Ta'ala akan melimpahkan banyak-banyak berkah kepada-Nya. Berikut adalah lafadz teks bacaan niat mandi idul adha yang benar.

    نَوَي’تُ الغُسلَ لِيَومِ عِي’دِ الاَض’حَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil adhaa sunnatan lillaati ta’aala

    Artinya:
    "Aku berniat mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala."

    Kesimpulan

    Sekian pembahasa mengenai niat mandi idul fitri dan juga idul adha, niat mandi hari raya aidilfitri dan aidiladha untuk anak, dalam islam, haji, niat dan cara mandi besar serta keramas sebelum sholat ied doa mandi idul fitri sesuai sunnah, bahasa indonesia, untuk anak perempuan, wanita, dsb.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>