Doa Untuk Kedua Orangtua yang Sudah Meninggal Latin

Doa Untuk Kedua Orangtua yang Sudah Meninggal Latin
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa untuk orangtua yang telah meninggal. Banyak sekali jasa yang telah diberikan orangtua kepada kita mulai dari sejak lahir hingga membimbing kita menjadi manusia yang dewasa.

doa untuk orangtua yang sudah meninggal dunia

Yang dapat kita lakukan hanya mendoakan mereka agar selalu sehat selalu, berumur panjang dan dosanya selalu diampuni oleh Allah SWT. Baik pada saat mereka hidup maupun ketika mereka telah meninggal dunia.

Mendoakan orangtua yang telah meninggal dunia adalah kewajiban seorang anak muslim, ada banyak sekali manfaat dari berdoa untuk orangtua kepada Allah SWT, berikut adalah manfaat, keutamaan dan faedah dari doa untuk ayah dan ibu yang telah meninggal.

Makna Doa Untuk Orangtua Yang Meninggal

Banyak sekali keutamaan mendoakan orangtua yang telah meninggal dunia, salah satunya adalah mendoakan supaya dosa mereka selama hidup di dunia diampuni. Kita juga mendoakan supaya orangtua kita ditempatkan di sisi terbaik-Nya.

Selain itu, mendoakan orangtua yang telah meninggal dunia merupakan keutamaan yang diajarkan Rasulullah SAW. Siapa yang mendoakan orangtuanya pasti akan mendapat pahala yang tinggi dari Allah SWT.

Karena apabila kita mengirim doa kepada orangtua yang berada di surga, itu membuktikan bahwa kita adalah anak yang berbakti, tentu apabila kita memanjatkan doa secara tulus dan khusyu hanya mengharap ridha dari Allah Ta'ala.

Doa Untuk Orangtua Yang Sudah Meninggal

doa untuk orangtua yang meninggal dunia

Saat berziarah atau berkunjung ke makam orangtua, bacalah doa berikut ini sebagai wirid atau dzikir. Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk orangtua yang telah meninggal dunia berdasar bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Artinya:
"Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan."

Selain doa singkat di atas, ada pula doa yang lebih panjang yang bisa dijadikan doa ketika berkunjung ke makam orangtua yang telah meninggal dunia berikut ini.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:
"Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Kesimpulan
Itulah doa untuk orangtua yang sudah meninggal, semoga ayah dan ibu kita yang telah meninggal dunia diampuni segala dosanya, ditempatkan di sisi terbaik-Nya. Mudah-mudahan kita menjadi anak yang selalu berbakti kepada orangtua. Amin.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>