Bacaan Doa Tata Cara Sujud Syukur Latin Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Tata Cara Sujud Syukur Latin Sesuai Sunnah
Konten []
    Runimas.com - Doa lafadz dan cara sujud syukur sesuai sunnah. Sebagai muslim yang beriman tentu kita tahu bahwa apa yang terjadi di dunia ini, termasuk berkah dan kebahagiaan yang kita miliki merupakan pemberian dari Allah SWT.

    doa sujud syukur dan tata cara sesuai sunnah

    Dia memberikan segalanya kepada kita karena Dia tahu bahwa kita pantas menerimanya, kita layak untuk mendapat rahmat dari Yang Maha Kuasa. Setiap kali mendapat berkah, rezeki atau rahmat, selayaknya kita harus bersyukur untuk berterimakasih.

    Sama halnya seperti ketika kita mendapat hadiah ulang tahun dari teman, saat kita diberi baju oleh orang lain, ketika ditraktir makan, saat diberi bantuan uang dan materi oleh orang lain, kita harus berterimakasih kepada mereka.

    Cara bersyukur yang paling sering dilakukan adalah dengan mengucap "alhamdulillahhi rabbil aalaamiin", kalimat tersebut sebenarnya sudah cukup untuk mengekspresikan rasa terima kasih kita kepada Allah Ta'ala.

    Baca: Doa Mensyukuri Nikmat Dari Allah SWT

    Beberapa orang mengungkapan ekspresi dengan cara yang berbeda, yakni dengan bersujud seperti pada saat sholat. Ada bacaan khusus ketika melakukan sujud syukur, berikut akan kita bahas sama-sama beserta tata caranya.

    Bacaan Doa Sujud Syukur Sesuai Sunnah

    doa sujud syukur

    Makna dari doa ini adalah kita bersyukur sekaligus berterimakasih kepada Allah SWT atas pemberian yang telah dilimpahkan kepada kita. Berikut adalah lafadz bacaan doa sujud syukur berdasar hadits yang shahih sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

    سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم

    Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

    Artinya:
    "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung."

    Tata Cara Sujud Syukur Sesuai Sunnah

    Lalu, bagaimana cara melakukan sujud syukur yang benar sesuai sunnah? Berikut adalah tata cara melaksanakan sujud syukur yang baik dan benar:
    • Pertama, pastikan bahwa kita telah suci dari hadats dan najis. Laksanakanlah wudhu atau mandi wajib apabila merasa tubuh belum suci.
    • Kemudian tutup aurat, bagi laki-laki batasnya dari dada hingga lutut, sedangkan untuk perempuan seluruh bagian tubuh kecuali wajah.
    • Membaca niat untuk mengawali sujud syukur, yaitu membaca :"Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala."
    • Sujud satu kali sambil membaca doa yang telah disebutkan di atas dengan posisi dan gerakan sama seperti sujud pada sholat wajib.
    • Setelah itu, ubahlah posisi menjadi duduk dan ucapkan salam seperti pada sholat wajib.

    Kesimpulan

    Itulah doa dan tata cara sujud syukur, dalam alquran, bacaan sujud syukur subhanallah walhamdulillah, sebab, hikmah, dalil, syarat, sujud syukur dilakukan sebanyak berapa kali, tata cara sujud syukur sesuai amalan Nabi Muhammad SAW.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>