Bacaan Doa Wirid Sebelum Sholat Subuh Arab dan Latin

Bacaan Doa Wirid Sebelum Sholat Subuh Arab dan Latin
Konten []
    Runimas.com - Doa sebelum sholat subuh bahasa arab dan latin. Kita ketahui bersama bahwa Rasulullah SAW adalah manusia yang sangat rajin menuaikan sholat, bahkan saking rajinnya, Rasul hampir setiap malam menjalankan sholat tahajud.

    doa dan wirid sebelum sholat subuh

    Waktu terbaik untuk menunaikan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, yakni mulai sekitar pukul 1 malam hingga pukul 4 saat waktu sholat subuh tiba. Dan pada jeda antara tahajud dan subuh, Rasulullah SAW kerap membaca doa atau wirid menjelang subuh.

    Kita dianjurkan untuk mengikuti setiap ajaran Rasulullah SAW, termasuk ajaran untuk berdzikir di malam hari sebelum sholat subuh, banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, salah satunya adalah memberi ketenangan hati dan pikiran.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa saat berdzikir, kapanpun itu, apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh maka insya Allah, Allah SWT akan memberi kita hati yang tenang, dijauhkan dari segala pikiran buruk dan tentunya mendapat pahala serta rahmat dari-Nya.

    Ada dua macam doa yang diajarkan Rasul untuk dibaca sebelum menunaikan ibadah sholat subuh, kedua doa berikut ini berasal dari hadits yang shahih. Silahkan disimak.

    Bacaan Doa Sebelum Sholat Subuh Pendek

    doa sebelum sholat subuh

    Doa berikut ini bersumber dari hadits riwayat Abu Daud, makna dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah yang kuasa untuk menjauhkan kita dari segala kesempitan baik kesempitan di dunia maupun di akhirat.

    Maksud dari kesempitan di sini adalah segala sesuatu yang kita tidak bisa berbuat banyak untuk mengubahnya, atau dengan kata lain kita memohon kepada Allah Ta'ala agar selalu memberi kita jalan keluar apabila dihadapkan dengan masalah. Berikut adalah lafadz doanya.

    اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

    Allahumma inni a’udzubika min dhiqid dunya wa dhiqi yaumil qiyamah.

    Artinya:
    "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat." - (HR. Abu Daud)

    Wirid Sebelum Sholat Subuh Arab dan Latin

    Doa berikut ini lebih panjang, bersumber dari hadits shahih Imam Nawawi. Makna dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah Ta'ala untuk menghindarkan kita dari segala keburukan, mendekatkan kita dengan keberhasilan dan membimbing kita menuju kesuksesan.

    Berikut adalah bacaan, lafadz, doa wirid atau dzikir sebelum sholat subuh pada pagi hari ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah yang shahih.

    سُبْحَانَ مَنْ تَعَزَّزَّ بِالْعَظَمَةِ سُبْحَانَ مَنْ تَرَدَّى بِالْكِبْرِيَاءِ سُبْحَانَ مَنْ تَفَرَّدَ بِالْوَحْدَانِيَّةِ سُبْحَانَ مَنِ احْتَجَبَ بِالنُّوْرِ سُبْحَانَ مَنْ قَهَّرَ الْعِبَادَ بِالْمَوْتِ سُبْحَانَ مَنْ لَا يُفَوُّتُهُ فَوْتٌ سُبْحَانَ الْأَوَّلِ اَلْمُبْدِىءُ سُبْحَانَ الْآخِرِ اَلْمُفْنِيْ سُبْحَانَ مَنْ تُسَمِّىْ قَبْلَ أَنْ يُسَمًّى سُبْحَانَ مَنْ عَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ سُبْحَانَ مَنْ كَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ سُبْحَانَ مَنْ لَا يَعْلَمُ قَدْرَهُ غَيْرُهُ

    Artinya:
    "Maha suci Zat yang menjadi mulia dengan keagungan. Maha suci Zat yang mampu membinasakan dengan penuh kebesaran. Maha suci Zat yang menyendiri dengan sifat wahdaniyah. Maha suci Zat yang terhalangi oleh cahaya. Maha suci Zat yang menundukkan hambanya dengan kematian. Maha suci Zat yang tidak akan sirna. Maha suci Zat yang Maha awal dan menjadi permulaan. Maha suci Zat yang Maha akhir dan mensirnakan (segala hal). Maha suci Zat yang menamai (diri-Nya) sebelum diberi nama. Maha suci Zat yang mengajarkan Nabi Adam berbagai macam nama-nama. Maha suci Zat yang ‘Ars-Nya berada di atas air. Maha suci Zat yang tidak mengetahu terhadap derajat-Nya selain diri-Nya."

    Kesimpulan

    Itulah doa sebelum sholat subuh, mari kita sama-sama mengamalkan doa tersebut agar ibadah kita menjadi semakin sempurna. Kita juga dapat menyelipkan sebuah doa khusus untuk permohonan atau permintaan pada waktu yang mustajab untuk mengucap doa tersebut.

    Insya Allah, Allah SWT akan menjadikan hari kita lebih indah, berwarna, dan tentu penuh dengan kebahagiaan bagi siapa saja mereka yang memperbanyak melafadzkan doa kepadanya. Amin ya rabbal aalamin.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>