Doa Niat Istinja dan Tata Caranya Sesuai Sunnah

Doa Niat Istinja dan Tata Caranya Sesuai Sunnah
Konten []
    Runimas.com - Doa niat dan cara istinja yang benar. Diambil dari bahasa Arab, istinja apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti membersihkan tubuh dari najis yang keluar, khususnya di area kemaluan.

    doa niat istinja

    Istinja dapat disebut juga dengan cebok, membersihkan bagian kemaluan setelah buang air besar (BAB), buang air kecil, pipis, berak, be'ol dan sebagainya di WC, toilet, kamar mandi, jamban, atau semacamnya.

    Saat istinja kita dianjurkan untuk membaca doa, yakni bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar apa yang kita lakukan (istinja) dapat menjadi pembersih area kemaluan, sekujur tubuh, serta hati yang paling dalam.

    Baca: Doa Masuk dan Keluar WC

    Doa tersebut bersumber dari hadits shahih, merupakan doa yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Pada kesempatan yang baik ini kami akan memberikan doa saat istinja dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah.

    Doa Niat Istinja Sesuai Sunnah

    doa istinja

    Membaca doa istinja atau membersihkan anggota tubuh setelah buang hajat dapat dilakukan pada saat sebelum meyiram air ke area kemaluan. Bacalah doa dengan sungguh-sungguh karena doa ini memiliki makna yang terkandung di dalamnya.

    Salah satu makna yang terkandung di dalamnya adalah kita memohon kepada Allah SWT agar kemaluan kita benar-benar bersih dari najis, selain itu kita juga mohon dibersihkan keburukan yang ada pada hati serta mohon dijauhkan dari kemunafikan.

    Berikut adalah bacaan doa lafadz untuk istinja dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

    اَللّٰهُمَّ حَسِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاخِشِ وَظَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ

    Allaahumma hassin farjii minal fawaahisyi wa thahhir qolbii minan nifaaqi.

    Artinya:
    "Ya Allah bersihkanlah farjiku (kemaluan) dari keburukan dan bersihkan hatiku dari nifaq (kemunafikan)."

    Tata Cara Istinja Sesuai Sunnah

    Cara istinja adalah cukup dengan menyipratkan air ke area kemaluan (jika buang air kecil) dan mengusap area kemaluan menggunakan sabun supaya benar-benar bersih (jika buang air besar). Namun kita tidak harus mengusap atau membersihkan menggunakan tangan kosong.

    Kita bisa menggunakan tisue yang biasanya tersedia pada toilet umum, kertas yang bersih maupun batu yang kering. Jika menggunakaan salah satu diantara ketiga alat bantuan tersebut, pastikan untuk tidak menggunakan permukaan yang kotor saat mengusap kemaluan.

    Apabila tidak terdapat air, kita bisa menggunakan batu saja, usapkan permukaan batu ke area kemaluan dan kemudian gunakan bagian permukaan lainnya yang belum digunakan untuk mengusap area kemaluan yang lain.

    Cara tersebut tetap membuat tubuh kita suci dan sah untuk sholat. Jadi tidak perlu khawatir apabila terjadi kekeringan di daerah kita masing-masing karena Allah SWT memberi kemudahan untuk umat-Nya di seluruh muka bumi.

    Kesimpulan

    Itulah bacaan doa niat istinja, doa cebok setelah buang air besar, haid, berhubungan, dalam islam, doa bersuci setelah membuang air, hajat, doa niat istinja sesuai sunnah, untuk jenazah, doa cebok setelah kencing, berak, be'ol dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>