Doa Mohon Dipermudahkan Urusan Dunia, Akhirat, Hajat

Doa Mohon Dipermudahkan Urusan Dunia, Akhirat, Hajat
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa mohon dimudahkan segala urusan dunia akhirat. Manusia tidak bisa hidup sendiri karena mereka adalah makhluk sosial. Saat hidup di dunia, manusia pasti akan berurusan dengan manusia lainnya, begitu pula dengan urusan akhirat maka manusia akan berurusan dengan Allah SWT.

doa mohon dipermudahkan urusan dunia akhirat hajat

Ada berbagai macam jenis urusan yang perlu dikerjakan manusia di dunia, mulai dari urusan pendidikan, pekerjaan, berkeluarga, rumah tangga, urusan dengan orang tua, anak, dan juga urusan dengan diri sendiri.

Adapun yang dimaksud urusan akhirat adalah urusan yang berkaitan dengan Allah SWT seperti sholat, puasa, beribadah, serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Termasuk beriman kepada Nabi dan Malaikat.

Setiap menjalani urusan, kadang manusia memiliki kendala yang dihadapi. Kadang kita merasa sangat sulit untuk menyelesaikan satu permasalahan, kadang kita juga merasa bahwa ada hal yang tak kunjung selesai meski kita sudah berusaha keras menyelesaikannya.

Baca: Doa dan Dzikir Agar Masalah Cepat Selesai

Berdoalah kepada Allah SWT agar segala urusan kita dilancarkan, dimudahkan dan dapat segera selesai atau teratasi. Beberapa hadits meriwayatkan tentang doa untuk memohon kemudahan urusan dunia, akhirat, dan hajat. Berikut adalah macam-macam doanya.

Doa Mohon Dipermudah Urusan Dunia

doa mohon dipermudah urusan

Makna dari doa ini adalah bahwa kita percaya tidak ada kesulitan di dunia ini karena segalanya telah dipermudah oleh Allah SWT, Dia dapat mengubah kesengsaraan menjadi lebih mudah apabila kita berdoa memohonnya.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya:
"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

Doa Mohon Dipermudah Urusan Akhirat

Doa berikut ini memiliki makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT rahmat dari sisi-Nya, selain itu kita juga memohon kepada-Nya untuk menyempurnakan petunjuk yang lurus dalam setiap urusan yang kita jalani.

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya:
"Wahai Tuhan kamu berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

Doa Mohon Dimudahkan Hajat

Dalam doa ini, kita meyakini bahwa Allah SWT akan memberi kemudahan agar kita bisa menggapai hajat atau keinginan kita. Berikut adalah bacaa lafadz doa mohon dipermudah urusan dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah atau terjemahan bahasa Indonesia.

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.

Artinya:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Kesimpulan
Itulah doa mohon dipermudahkan urusan, doa agar dimudahkan dalam segala urusan oleh Allah SWT, doa dilancarkan pekerjaan dan segala masalah, agar urusan dan rezeki lancar, doa diberi kemudahan dalam menghadapi masalah.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>