Doa Agar Mudah Menghafal Alquran, Pelajaran, Kuat Ingatan

Doa Agar Mudah Menghafal Alquran, Pelajaran, Kuat Ingatan
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Doa supaya mudah menghafal dan kuat ingatan. Setiap orang memiliki kekuatan ingatan yang berbeda-beda, ada yang mudah menghafal, ada pula yang mudah lupa akan sesuatu. Namun bagi yang merasa memiliki ingatan yang lemah, bukan berarti kita tidak bisa mengubahnya.

doa aga mudah menghafal alquran dan pelajaran

Kita bisa memiliki ingatan yang kuat, baik itu untuk mengingat ayat-ayat di dalam Al-Quran maupun materi pelajaran di sekolah. Yang terpenting adalah terus berusaha menghafal dan tentunya berdoa kepada Allah SWT.

Agar mudah ingat, tentu saat belajar kita harus fokus dengan apa yang ada di depan mata kita. Kita tidak boleh memikirkan hal-hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi. Namun kita juga tidak boleh memaksakan diri karena jika melakukannya secara berlebihan, kita justru akan lupa segala yang telah diingat.

Agar gampang mengingat sesuatu pula, kita harus mengawali setiap kegiatan belajar maupun mengaji dengan membaca doa terlebih dahulu. Ada beberapa doa yang dapat dijadikan amalan untuk dibaca sebelum kita berniat menghafal sesuatu.

Baca: Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al-Quran

Pada kesempatan ini, kita akan sama-sama membahas beberapa doa untuk memohon kepada Allah Ta'ala supaya diberi ingatan yang kuat, supaya dimudahkan untuk menghafal, tidak dipersulit dan agar kita bisa fokus dan berkonsentrasi.

Bacaan Doa Agar Mudah Menghafal Al-Quran

doa agar mudah menghafal

Makna dari doa berikut ini adalah kita mohon agar mudah hafal serta paham seperti kemampuan yang dianugerahkan kepada Rasul. Selain itu, kita juga mememohon agar diberi karunia kesehatan dari Allah Ta'ala. Berikut adalah lafadz doanya:

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi’afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya:
"Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

Bacaan Doa Agar Mudah Menghafal Pelajaran

Fadhilah dari doa ini adalah kita meminta kepada Allah SWT  agar diberi ilmu yang melimpah baik dalam mata pelajaran di kelas, les privat atau tempat bimbel, doa ini juga bisa dibaca untuk mengakhiri pelajaran. Berikut adalah teks doanya:

رب زدنى علما وارزقنى فهما

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahman.

Artinya:
"Ya Allah, tambahkanlah kepada saya ilmu dan berilah saya pengertian yang baik."

Doa Agar Ingatan Kuat

Inti dari doa ini adalah kita memohon kekuatan dari Allah SWT termasuk kekuatan untuk mengingat sesuatu. Selain itu, kita juga meminta kepada-Nya untuk meridhoi kita dan usaha keras kita untuk menghafal.

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a’thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu’tsir ‘lainaa waardhinaa wardho ‘annaa.

Artinya:
"Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

Kesimpulan
Itulah bacaan doa agar mudah menghafal, doa supaya diberi ingatan yang kuat, doa agar tidak mudah lupa, doa supaya gampang mengingat sesuatu, baik ketika menghafal al-quran untuk menjadi hafiz maupun menghafal materi pelajaran yang sulit agar menjadi pintar.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>