Niat Tata Cara Mandi Hari Jumat Sebelum Sholat Bagi Pria

Niat Tata Cara Mandi Hari Jumat Sebelum Sholat Bagi Pria
Konten []
    Runimas.com - Niat dan tata cara mandi hari jumat. Saat akan berangkat sholat jumat, seorang laki-laki disunnahkan untuk menghias diri terlebih dahulu. Menghias yang dimaksud di sini bukan memakai perhiasan atau pernak-pernik seperti wanita, melainkan membaguskan tubuh dan pakaian.

    niat mandi hari jumat sesuai sunnah

    Caranya adalah dengan mandi, memakai wangi-wangian, menggunakan pakaian yang bersih untuk beribadah di masjid, memakai peci, memotong kuku dan rambut dan lain-lain. Apabila seorang laki-laki mengerjakannya, maka sholat jum'atnya akan semakin sempurna.

    Mandi pada hari jumat tidak dilakukan seperti mandi biasa, melainkkan dilakukan seperti mandi wajib atau mandi wiladah, yakni didahului dengan membaca niat mandi terlebih dahulu kemudian mandi dengan tata cara yang telah ditentukan.

    Bagaimana bacaan niat mandi pada hari jumat? Lalu, bagaimana tata cara untuk mandi pada hari jumat, apakah sama seperti tuntunan mandi junub atau berbeda? Pada kesempatan yang baik ini, kita akan sama-sama membahasnya.

    Artikel ini menjelaskan bagaimana bacaan lafadz niat mandi ketika hari jumat, lalu tata cara mandi pada hari jumat yang benar sesuai sunnah. Silahkan disimak melalui artikel di bawah ini secara lengkap.

    Niat Mandi Hari Jumat

    niat mandi hari jumat

    Bacaan niat mandi ketika hari jumat tidak jauh berbeda dengan niat mandi wiladah maupu mandi junub lainnya, yang membedakan hanya satu kalimat di tengah doa, kita menyisipkan kata sholatil jum'ati yang artinya mandi dimaksudkan untuk mengawali sholat jumat.

    Bacalah niat mandi berikut ini ketika hendak memasuki kamar mandi maupun saat sudah berada di dalam kamar mandi serta telah siap untuk mengguyur sekujur tubuh dengan menggunakan air bersih dan suci.

    Berikut adalah teks, lafadz, bacaa, doa, niat mandi hari jumat yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadits yang shahih, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

    Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

    Artinya :
    “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala.”

    Tata Cara Mandi Hari Jumat

    Cara mandi sebelum berangkat sholat jumat sama seperti mandi biasa, yakni mengawali dengan membaca niat terlebih dahulu, kemudian membasuh seluruh anggota tubuh mulai dari atas kepala hingga ujung kaki.

    Bagian tubuh yang disabuni terlebih dahulu adalah yang bagian kanan, kemudian setelah itu diteruskan dengan membersihkan bagian tubuh sebelah kiri hingga benar-benar bersih menggunakan sabun mandi.

    Jangan lupa untuk menyikat gigi, membersihkan kemaluan dan shampoo rambut secara menyeluruh. Pastikan seluruh bagian tubuh telah dibersihkan kemudian setelah itu, bilas dengan air hingga busa sabun hilang dan keringkan menggunakan handuk.

    Untuk semakin menyempurnakan sholat jumat, gunakan baju koko yang bersih dan rapi (sudah disetrika), gunakan wewangian namun secukupnya dan jangan berlebihan, kemudian sisir rambut dan gunakan peci untuk menutupi bagian atas kepala.

    Kesimpulan

    Itulah niat mandi hari jumat, doa cara niat mandi untuk hari jumat, untuk wanita, perempuan, laki-laki, pria, doa mandi hari jumat, niat mandi sunnah sebelum sholat jumat, hukum bacaan mandi pada saat sholat jumat, dsb.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>