Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Alquran Latin Sesuai Sunnah

Runimas.com – Doa sebelum dan sesudah membaca al quran. Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam. Di dalamnya ada banyak sekali petunjuk mengena kehidupan, bagaimana cara menjadi seseorang yang beriman untuk mencapai surga-Nya.

Al-Quran bukan buku sembarangan, melainkan kitab paling suci untuk umat Islam di mana kitab ini disusun pada zaman Nabi Muhammad SAW. Untuk membacanya pun kita harus dalam keadaan suci yakni melaksanakan wudhu terlebih dahulu atau tayamum.

Membaca Alquran disebut dengan mengaji. Pada saat mengaji, selain harus bersuci terlebih dahulu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah mengaji. Doa ketika akan membaca quran dan selesai mengaji merupakan doa yang bersumber dari hadits shahih.

Mungkin kita mengenal doa pendek “audzubillah himinasyaitoo nirrajim” yang merupakan bacaan yang dibaca pada saat mau membaca Al Quran. Namun selain itu, masih ada lagi doa sebelum membaca Al Quran yang lebih lengkap.

Selain itu, ada juga doa setelah selesai membaca Al Quran yang lebih panjang dan lengkap dibanding “shadaqallahhul adziim“. Pada kesempatan ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa sebelum dan setelah membaca ayat dan surat dalam Al Quran.

Doa Sebelum Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah

doa sebelum membaca alquran

Setelah selesai berwudhu, jangan lupa memakai pakaian yang tertutup seperti hendak sholat. Karena Al Quran merupakan kitab yang suci, maka kita jangan sampai mengotorinya atau bahkan merusaknya dengan sengaja maupun tanpa sengaja.

Doa sebelum membaca Al Quran ini memiliki makna atau fadhilah yakni untuk memohon agar Allah SWT membukakan pintu hikmah-Nya kepada kita, agar segala rahamt dan kemuliaan ketika kita melantunkan ayat suci Al Quran bisa diteima.

Berikut adalah bacaan doa lafadz ketika hendak ingin membaca al quran, saat mau mengaji dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi.

Artinya:
“Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Sesudah Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah

doa sesudah membaca alquran

Sementara itu, apabila sudah selesai mengaji maka kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini yang memiliki makna di dalamnya adalah untuk memohon rahmat dan petunjuk dari Allah SWT agar setiap apa yang barusan dipelajari dapat menjadi anugerah bagi dirinya sendiri.

Berikut adalah bacaan lafadz doa sesudah, setelah, selepas, selesai, membaca Al Quran dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah diambil dari hadits yang shahih.

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:
“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Kesimpulan

Itulah doa sebelum dan sesudah membaca alquran, doa tamat membaca alquran, metode ummi, dan artinya, doa sebelum membaca doa untuk orang meninggal, doa setelah, selepas, seusai membaca alquran mp3, ldii dan doa setelah baca alquran.

Baca :

Tinggalkan komentar