Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Rodhitubillah

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Rodhitubillah
Konten []
    Runimas.com - Doa sebelum dan sesudah belajar di sekolah. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap orang, bahkan dalam Islam kita sangat dianjurkan untuk menuntut ilmu setinggi-tinggiya seperti yang dilakukan para cendekiawan muslim pada zaman dahulu.

    doa sebelum dan sesudah belajar

    Menuntut ilmu bisa dilakuan dengan belajar di sekolah formal meliputi PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan kuliah di kampus atau universitas. Selain itu, kita juga bisa menuntut ilmu di tempat lain seperti tempat les, perguruan dan juga lingkungan sekitar.

    Seperti kata pepatah, tempat belajar yang baik adalah pengalaman. Semakin banyak peristiwa yang kita alami dan menjadi pengalaman dalam hidup, semakin banyak pula ilmu yang kita dapat, semakin berkembang pula kemampuan kita untuk memecahkan masalah.

    Belajar tidak hanya dilakukan untuk mempelajari hal-hal akademik pendidikan saja, melainkan juga belajar agama seperti mengikuti pengajian, majelis taklim, mengikuti ceramah dan kajian serta mengaji kepada guru ngaji dan sebagainya.

    Supaya kita bisa fokus untuk bisa cepat memahai materi pelajaran dan supaya ilmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri, orang tua dan masyarkat serta bangsa dan negara yang membutuhkan bantuan orang-orang pintar untuk memajukan tanah air.

    Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai doa sebelum memuai pelajaran di kelas dan doa pulang sekolah atau doa sesudah selesai belajar yang singkat dan lengkap yang bersumber dari berbahai hadits shahih.

    Bacaan Doa Sebelum Belajar di Sekolah

    doa sebelum belajar

    Biasanya saat guru baru masuk dan pelajaran belum dimulai, ketua kelas akan memimpin kelas untuk duduk dengan rapi, kemudian memimpin untuk melakukan doa besama untuk masing-masing kepercayaanyang berbeda.

    Nah doa pendek atau singkat ini bisa dijadikan amalan sebagai bacaan ketika mau memulai pelajaran di kelas bersama guru supaya materi yang disampaikannya segera kumahami. Intinya adalah fokus pada satu hal yang ingin dikuasai.

    Berikut adalah bacaan doa lafadz sebelum belajar menurut agama Islam sesuai sunnah berdasarkan hadits sahih yang benar, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

    رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

    Artinya :
    "Kami ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

    Bacaan Doa Sesudah Belajar di Sekolah

    doa sesudah belajar

    Selesai belajar di kelas, bacalah doa berikut ini ketika ketua kelas kembali memimpin seluruh murid di kelas untuk membaca doa pendek. Doa ini dimaksudkan untuk memohon agar ilmu yang didapat dapat menjadi berkah dan kekuatan untuk diri kita.

    Berikut adalah bacaan doa lafadz yang ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah.

    اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

    Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

    Artinya :
    "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

    Kesimpulan

    Itulah doa sebelum dan sesudah belajar ngaji anak tk, lengkap, bahasa inggris, indonesia, doa memulai pelajaran di sekolah, doa sesudah belajar yang pendek, amalan dan doa sebelum dan selepas, seusai, setelah belajar.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>