Doa Pagi Hari Rasulullah SAW Arab, Latin dan Artinya

Doa Pagi Hari Rasulullah SAW Arab, Latin dan Artinya
Konten []
    Runimas.com - Doa pagi hari menurut agama islam. Ada banyak hal yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita, mulai sejak pagi hari ketika bangun tidur hingga malam hari saat hendak beristirahat setelah lelah bekerja seharian.

    doa pagi hari menurut islam

    Dalam agama Islam, kita meyakini bersama bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan berkat dan karunia dari Allah Ta'ala, termasuk bugarnya tubuh dan pikiran yang jernih setelah bangun tidur di pagi hari.

    Bangun tidur sendiri juga merupakan berkat dan rahmat dari Allah SWT. Karena ada beberapa kasus di mana seseorang tidak bangun lagi setelah lelap tertidur. Maka dari itu, ketika bangun tidur pada pagi hari hendaknya kita syukuri.

    Rasulullah SAW pun mengajarkan kepada kita untuk membaca doa pendek setiap baru bangun tidur, sebelum menjalankan ibadah sholat subuh. Ada pula doa yang cukup panjang dan bisa dijadikan alternatif dzikir atau wirid saat pagi hari.

    Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa sesudah belajar di sekolah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, doa untuk mensyukuri nikmat Allah SWT pada pagi hari sebelum memulai beraktifitas.

    Doa-doa berikut ini diambil dari berbagai hadits shahih. Sumber hadits tersebut dari pernyataan para sahabat Nabi terdahulu. Berikut adalah penjelasan mengenai bacaan di pagi hari dalam agama Islam yang lengkap.

    Doa Pagi Hari Menurut Agama Islam

    doa pagi hari menurut islam

    Pada saat baru terbangun dari tidur nyeyak, kita bisa doa bangun tidur diikuti dengan doa pagi hari yang singkat berikut ini. Doa pagi hari bisa dibaca ketika matahari mulai terbit, atau saat selesai sholat subuh untuk mendoakan agar aktifitas sehari-hari menjadi lancar.

    Makna atau intisari dari doa pagi menurut Islam adalah untuk berdoa sekaligus mengagungkan nama Allah SWT. Selain itu, jika membaca doa ini maka kita akan ingat bahwa di dunia ini kita tidak hidup kekal, melainkan hanya sementara.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa pada pagi hari menurut agama Islam sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang singkat, ringkas dan pendek sehingga mudah dihafal.

    اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

    Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

    Artinya :
    "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dan dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami akan kembali."

    Doa Pagi Hari yang Diajarkan Rasulullah SAW

    Selain doa pendek di atas, ada pula doa yang lebih lengkap dan merupakan doa yang dijarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk bersyukur atas berkat kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya.

    Dalam doa ini kita berdoa untuk meninggikan nama Allah SWT, Tuhan yang maha berkuasa atas segala sesuatu, Tuhan yang memiliki kemampuan untuk melindungi kita dari siksa dunia dan api neraka yang amat panas.

    Berikut adalah bacaan doa agar pagi kita menjadi menyenangkan sekaligus menggembirakan, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah.

    أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

    Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha.

    Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

    Artinya :
    "Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, dan tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

    Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka dan siksa kubur."

    Kesimpulan

    Itulah bacaan doa pagi hari dalam agama islam, doa pagi hari islam bergambar, senin, selasa, rabu, kamis, jumat dan sabtu serta minggu, doa pada pagi hari untuk teman, sahabat, saudara, orang tua, bergambar, sesuai sunnah.


    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>