Doa Naik Kendaraan yang Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Naik Kendaraan yang Lengkap Sesuai Sunnah
Konten []
    Runimas.com - Doa ketika naik kendaraan sesuai sunnah. Dahulu jika ingin bepergian jauh, orang orang menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Pada masa sekarang, telah muncul berbagai macam kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

    doa naik kendaraan sesuai sunnah

    Contoh kendaraan roda dua antara lain motor dan sepeda, sedangkan kendaraan roda empat meliputi mobil, truk, bus, dan kereta api. Dalam perkembangannya, saat ini ada juga kendaraan yang tidak menggunakan roda saat berjalan, yakni pesawat dan kapal laut.

    Ada banyak sekali hal yang mungkin terjadi di jalanan, bisa hal baik maupun hal buruk. Segala kemungkinan kecelakaan bisa terjadi di jalan raya maupun jalan tol. Tentu saja kita harus berhati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

    Selain berusaha untuk fokus saat berkendara maupun untuk melihat sekitar jalan raya, kita juga harus berdoa kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan kepada-Nya. Kita sadari bersama bahwa apa yang terjadi di dunia ini semua merupakan atas kehendak dari-Nya.

    Membaca doa ketika naik kendaraan bisa dilakukan pada saat telah memasuki kendaraan maupun sudah menaiki kendaaraan namun kendaraan belum dinyalakan atau dijalankan. Atau bisa juga dibaca pada saat hendak melangkahkan kaki menuju kendaraan yang akan digunakan.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa doa yang bisa dijadikan amalan sebelum menaiki kendaraan, doa agar diberi keselamatan berkendara, doa ketika naik kendaaraan darat, laut dan udara serta sebagainya. Silahkan disimak.

    Bacaan Doa Ketika Naik Kendaraan

    doa naik kendaraan


    Ada tiga macam kendaaraan yang kita kenal. Jenis-jenis kendaraan digolongkan berdasar tempat di mana dia beroperasi, yakni kendaraan yang berjalan di darat, laut dan udara. Masing-masing memiliki cara berjalan yang berbeda.

    Kendaraan yang ada di darat contohnya adalah angkot, sepeda motor, bis, kontainer, truk, kopaja, minibus travel dan sebagainya. Kendaraan di laut meliputi kapal, perahu, speedboat, dan rakit. Sedangkan kendaraan yang beroperasi di udara adalah pesawat, helikopter dan balon udara.

    Di sini kita akan menulis dua doa yang bisa dijadikan amalan sebelum naik kendaraan, yakni doa naik kendaraan umum seperti angkot, kereta api, bis dan sebagainya serat doa naik kendaraan laut seperti kapal dan perahu.

    1. Doa Naik Kendaraan Umum

    Ada banyak hal buruk yang mungkin terjadi apabila kita naik angkutan umum. Selain kecelakaan dan hal-hal buruk yang terjadi akibat kerusakan pada kendaraan maupun bencana alam, ada pula musibah yang bisa terjadi antar sesama manusia.

    Contoh yang paling umum adalah kasus pencopetan. Copet bisa beropearsi di mana saja dan seharusnya kita lebih berhati-hati untuk menjaga barang bawaan pribadi saat menaiki kendaraan umum, termasuk untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT.

    Berikut adalah bacaan doa ketika naik kendaraan umum dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang singkat, pendek dan ringkas sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

    سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

    Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

    Artinya :
    "Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali."

    2. Doa Naik Kendaaraan Laut

    Yang kedua adalah doa ketika menaiki kendaraan laut seperti kapal, perahu, speedboat maupun semacamnya. Doa naik kendaraan laut dibaca sebagai amalan untuk menghindarkan kita dari malapetaka yang mungkin terjadi di luasnya samudera.

    Seperti contohnya kapal tenggelam, ombak yang tinggi, tidak tahu arah ke mana kita akan menuju, ataupun musibah kecil seperti mabuk laut dan semacamnya. Ketika hendak menyeberangi pulau menggunakan kapal, sebaiknya membaca doa terlebih dahulu.

    Silahkan amalkan doa ini pada saat hendak naik kendaraan di laut dalam bahasa Arab, tulisan latin serta terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia secara lengkap dan benar yang singkat, ringkas dan pendek.

    بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

    Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

    Artinya :
    "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

    Kesimpulan

    Itulah doa menaiki kendaraan sesuai sunnah, baru, doa naik kendaraan suruh apa, kapal terbaik, doa naik kendaraan majreha, subhanalladzi, bismillahi tawakaltu, doa bepergian, doa naik kendaraan udara kalian.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>