Doa Menjenguk Orang Sakit, Ucapan Sesuai Sunnah

Konten []
    Runimas.com - Doa menjenguk orang sakit, ucapan sesuai sunnah. Tidak ada seorang manusia yang ingin sakit berlama-lama di dunia ini. Memang kita sadari bersama bahwa setiap manusia pada akhirnya pasti akan menderita penyakit.

    doa dan ucapan menjenguk orang sakit

    Namun tentuk kita berharap bahwa jika terserang penyakit, maka berharap rasa sakit yang kita hadapi dapat segera diangkat dan disembuhkan oleh Allah SWT, Tuhan yang maha menyebuhkan. Karena tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat.

    Saat mengunjungi orang yang sedang sakit, baik sakit parah atau sakit ringan sehingga harus dirawat di puskesmas, rumah sakit atau ruang IGD, selain memberi dukungan moril dan materiil, sebaiknya kita juga mendoakan mereka agar cepat sembuh.

    Karena orang sakit membutuhkan banyak bantuan kita terutama dalam upaya memohon pertolongan kesembuhan kepada Allah SWT. Baik itu orang tua yang sakit, tetangga, keluarga, kakek, nenek, saudara, kerabat maupun anggota keluarga lainnya.

    Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk membaca doa setiap hendak mengunjungi kawan yang menderita penyakit. Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Nabi Muhammad pernah mengunjungi sahabatnya kemudian mengucap sebuah doa pemulih penyakit.

    Di sini kita akan membahas mengenai bacaan doa untuk orang sakit ketika menjenguk, membesuk, berkunjung atau melihat orang yang sedang sakit sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang diajarkan oleh Rasul SAW.

    Doa Ucapan Menjenguk Orang Sakit

    doa menjenguk orang sakit

    Doa ini bisa dibaca ketika bertemu dengan orang yang sakit ataupun ketika merasa iba melihat kondisi tubuh si penderita penyakit. Doa ini dibaca selain untuk minta kesembuhan juga untuk memohon agar sakit yang dirasakan tidak terlalu menyakitkan dan lebih ringan.

    Adab seorang muslim ketika mengunjungi kerabat yang menderita penyakit adalah membaca ucapan doa minta disembuhkan dari segala penyakit, membahas hal-hal yang baik, memberi dukungan baik secara jasmani dan rohani kepada si penderita.

    Berikut adalah lafadz teks bacaan doa ketika mengjenguk atau mengunjungi orang yang tengah sakit dalam bahasa Arab, tulisan latin atau artinya sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang singkat, ringkas, pendek, sampai lengkap.

    1. Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah


    اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

    Allahumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. La syafiya illa anta syifa’an lā yughadiru saqaman.

    Artinya :
    "Ya Allah Tuhanku Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit yang hinggap. Berilah kesembuhan karena Kau adalah satu-satunya Penyembuh. Tidak ada yang mampu menyembuhkan segala penyakit selain Engkau. Dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa nyeri."

    2. Doa Untuk Orang Sakit Parah


    امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

    Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

    Artinya :
    "Tuhan seluruh manusia, sapukanlah seluruh penyakit ini. Karena hanya ditangan-Mu lah segala penyembuhan ini berada. Dan tidak ada yang mampu mengangkatnya kecuali Engkau."

    3. Doa Menjenguk Orang Sakit Muhammadiyah


    اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

    Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

    Artinya :
    "Tuhanku, mohon sembuhkanlah (Nama orang yang sakit). Tuhanku sembuhkanlah (Nama orang yang sakit). Tuhanku tolong sembuhkanlah (Nama orang yang sakit)."

    4. Ucapan Doa Orang Sakit


    اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

    Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

    Artinya :
    "Ya Allah Tuhan dari seluruh umat manusia, hilangkanlah segala macam penyakit dan sembuhkanlah ia. Karena hanya Engkaulah yang mampu menyembuhkan, dan tidak ada kesembuhan yang tidak berasal dariMu. Yaitu kesembuhan yang tidak akan menimbulkan kambuh lagi."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa ketika sakit, menjenguk orang sakit baik perempuan atau laki-laki, doa agar penyakit diangkat oleh Allah SWT, doa minta kesembuhan, doa untuk orang sakit dibaca 7 kali, syafakillah, surat al quran untuk orang sakit, menjenguk orang sakit bahasa Arab.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments