Doa Menghilangkan Amarah, Dendam, Sifat Pemarah

Doa Menghilangkan Amarah, Dendam, Sifat Pemarah
Konten []
    Runimas.com - Doa menghilangkan amarah, dendam, sifat pemarah. Rasa atau sifat marah muncul ketika seseorang tidak bisa mengendalikan emosi dalam diri mereka. Amarah biasanya disertai dengan dendam dan kebencian.

    doa menghilangkan amarah dan sifat pemarah

    Sifat pemarah bukanlah perilaku terpuji, melainkan sebaliknya yakni perilaku tercela yang harus dihilangkan dalam diri manusia. Seseorang haruslah bersikap sabar dalam menyikapi apapun, karena sebagaimana kata pepatah, orang sabar disayang Tuhan.

    Maka dari itu, bersabarlah, jika tidak bisa, paksakan diri untuk bersabar. Kalau benar-benar tidak bisa, minimal keluarkan rasa marah hanya di dalam hati saja, jangan melalui tindakan atau perbuatan yang merugikan orang lain.

    Salah satu cara menghilangkan rasa marah adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Seperti yang kita tahu, Allah Ta'ala adalah Tuhan yang mampu membolak-balikkan perasaan seseorang, termasuk perasaan amarah yang ada dalam hati.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dua doa yang bisa dijadikan amalan untuk melenyapkan sifat pemarah dalam diri kita. Silahkan simak dua bacaan doa berikut ini dalam tulisan bahasa Arab dan latinnya.

    Doa Menghilangkan Amarah

    doa menghilangkan amarah

    Amarah merupakan perbuatan tercela, dan setiap perbuatan tercela merupakan dosa. Jadi, ketika orang sedang marah sebenarnya mereka tengah melakukan dosa. Bahkan jika rasa marah tersebut hanya muncul dalam hati.

    Dosa akan menjadi semakin besar apabila rasa marah tersebut diluapkan ke dalam tindakan dan perbuatan yang merugikan orang lain. Allah SWT tidak menyukai mereka-mereka yang membuat celaka kepada manusia yang lainnya.

    Berikut adalah bacaan doa untuk menahan atau menghilangkan amarah dalam sekejap secara cepat. Makna dari doa ini adalah memohon kepada-Nya untuk mengampuni dosa serta menjauhkan dirinya dari kesesatan sifat marah.

    أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ اَللّٰهُمَّ رَبَّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَاذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِىْ وَاَجِرْنِىْ مِنْ مُضِلاَّتِ اْلفِتَنِ

    Allahumma rabba muhammadin ighfirli dzambi wadzhib ghoidzho qolbi wa ajirni min mudhillatil fitan.

    Artinya :
    "Ya Allah, Tuhan Muhammad, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kesesatan fitnah."

    Doa Menghilangkan Sifat Pemarah

    Doa yang kedua hampir sama dengan sebelumnya, yakni bertujuan untuk meminta ampunan Allah Ta'ala atas segala dosa yang diperbuat. Bertaubat atas rasa amarah yang seharusnya tidak diluapkan menjadi emosi berlebih.

    Karena sejatinya manusia sebenarnya bisa menahan amarah mereka, manusia bisa bersikap sabar, manusia bisa menghilangkan dan menajauhkan diri dari sifat pemarah, asalkan mereka berusaha sabat dalam hal apapun.

    Berikut adalah bacaan doa untuk menghilangkan sifat pemarah dalam diri manusia ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

    أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

    Astaghfirullaahal ‘azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.

    Artinya :
    "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya."

    Kesimpulan

    Itu dia penjelasan bacaan doa menghilangkan amarah, dan dendam, doa menghadapi orang marah, doa ketika marah pada anak, doa pembungkam orang marah, doa menghilangkan kebencian, doa menghadapi ancaman, doa meredam marah, dikuasai kemarahan, dsb.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>