Doa Ketika Susah Tidur Karena Gelisah Sesuai Sunnah

Doa Ketika Susah Tidur Karena Gelisah Sesuai Sunnah
Konten []
    Runimas.com - Doa ketika susah tidur karena gelisah sesuai sunnah. Gejala susah tidur atau insomnia biasa terjadi pada orang dewasa rentang usia produktif. Banyak hal yang menyebabkan orang mnejadi sudah tidur.

    doa ketika susah tidur karena gelisah

    Yang pertama adalah karena terbiasa begadang hingga malam untuk bekerja atau mengerjakan tugas. Yang kedua adalah karena penyakit, banyak pikiran, emosi tidak stabil, muncul rasa gelisah, khawatir, was-was atau rasa cemas berlebih.

    Perasaan gelisah membuat otak terus bekerja dan jantung bedegup lebih kencang sehingga membuat mata secara tidak langsung akan terus terbuka dan tidak mau merem. Tentu gejala susah tidur akan membuat kesehatan kita memburuk.

    Cara paling ampuh untuk mengatasi susah tidur adalah menenangkan hati dan pikiran, salah satu caranya adalah dengan rutin membaca doa sebelum tidur, kemudian memikirkan hal-hal yang menyenangkan serta tidak membuat pikiran tegang.

    Selain itu, ketika benar-benar tidak bisa tidur, cobalah memohon bantuan kepada Allah SWT yang memiliki kuasa untuk mengatur hati seseorang agar lebih damai dan nyaman. Bacalah salah satu doa ketika susah tidur yang diambil dari hadits shahih.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai tiga macam doa saat sulit tidur yang diambil dari berbagai hadits shahih milik sahabat Nabi dan tokoh Islam. Silahkan disimak berikut ini.

    Doa Susah Tidur di Malam Hari

    doa ketika susah tidur

    Yang pertama, silahkan coba baca amalan berikut ketika kesulitan tidur pada malam hari. Jika besoknya Anda memiliki kegiatan di pagi hari, cobalah membaca doa berikut agar bisa segera tidur.

    اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

    Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada’atil ‘uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta’khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi’i lailii wa anim ‘aini.

    Artinya :
    "Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. wahai Tuhan yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku."

    Doa Tidak Bisa Tidur Karena Gelisah

    Jika ada perasaan gelisah, maka sampai kapanpun kita tidak akan bisa tertidur lelap. Oleh karena itu, mohon bantuanlah kepada Allah SWT agar dijauhkan dari rasa gelisah, khususnya yang disebabkan oleh bisikan setan.

    فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

    Artinya :
    "Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri."

    Dzikir Ketika Sulit Tidur

    Dan yang terakhir aalah doa yang cukup panjang utuk dibaca supaya cepat ngantuk dan tidur. Makna dari doa ini adalah memohon perlindugan kepada Allah SWT dari kejahatan jin, iblis dan setan yang mengganggu tidur kita.

    اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

    Artinya :
    "Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa ketika susah tidur, amalan doa susah tidur mustajab mudah dihafal dan dilakukan, doa untuk yang susah tidur di malam hari (insomnia), pejamkan mata dan lafalkan doa ini, doa agar mudah tidur yang diajarkan Rasulullah SAW.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>