Doa Ketika Mendengar Petir Saat Hujan dan Guntur

Konten []
    Runimas.com - Doa ketika mendengar petir saat hujan dan guntur. Ketika hujan begitu deras, biasanya dibarengi dengan munculnya petir, yakni kilatan cahaya yang muncul dari langit hitam menuju ke bawah ke arah bumi.

    doa ketika mendengar petir saat hujan dan guntur

    Cahaya petir biasanya diikuti dengan suara yang begitu bergemuruh, jika posisi kita dekat dengan petir, maka telinga kita bisa saja rusak. Semakin cepat jeda antara munculnya cahaya petir dan suara, maka semakin dekat pula jarak kita dengannya.

    Guntur sendiri merupakan hujan yang sangat lebat, biasanya ditandai dengan munculnya angin kencang ketika hujan yang dapat merobohkan pohon, membuat mobil berantakan, menyebabkan pengendara motor terbawa angin dan menerbangkan atap rumah warga.

    Baik petir ketika hujan maupun guntur merupakan pertanda bahwa Allah SWT sedang murka. Murka kepada hamba-Nya karena berbagai alasan. Maka dari itu, saat mendengar suara petir hendaknya kita bertobat kepada Allah SWT dengan membaca doa.

    Ingat pula kesalahan atau perbuatan dosa apa yang pernah kita lakukan sebelumnya, mungkin itu berkaitan dengan Allah SWT yang sedang murka. Setelah ingat, segeralah mohon ampun sambil mengucap kalimat istighfar.

    Pada artikel ini kita akan membahas mengenai doa yang dilafadzkan ketika mendengar suara petir yang keras, besar, cepat, bergemuruh sehingga membuat merinding. Doa bersumber dari hadits shahih sesuai sunnah.

    Doa Ketika Mendengar Petir

    doa ketika ada petir

    Selain untuk memohon maaf atas perbuatan dosa yang pernah dilakukan, doa ketika ada petir sesuai sunnah ini juga dibaca untuk meminta perlindungan dan pertolongan Allah SWT akan berbagai hal yang mungkin dapat terjadi.

    Mulai dari kemungkinan hujan akan lebih besar dan menyebabkan banjir serta tanah longsor, menyebabkan rasa trauma mendengar suara petir dan hujan baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain, dan lain-lain.

    Selain itu, doa saat terdengar suara halilintar ketika hujan atau guntur juga ditujukan untuk meminta perlindungan Allah SWT terhadap marabahaya, bencana alam, serta keburukan-keburukan lainnya yang bisa saja terjadi.

    Berikut adalah bacaan lafadz teks doa yang dapat dibaca setelah mendengar suara petir dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia. sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar.

    1. Doa Ketika Ada Petir Sesuai Sunnah


    سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

    Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi.

    Artinya :
    “Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya.”

    2. Doa Ketika Hujan Angin dan Petir


    سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

    Subhanalladzi sabbahat lahu.

    Artinya :
    “Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.”

    3. Doa Ketika Mendengar Suara Petir


    اّللَّهُمَّ لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

    Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika.

    Artinya :
    “Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murkaMu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu.”

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa mendengar petir, melihat kilat, allahumma, adab mendengar petir, doa ketika hujan angin dan petir, doa hujan reda, subhanalladzi sakhkhoro lana hadza, doa saat mendengar guntur, halilintar, dsb.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments