Doa Ketika Berpakaian dan Melepas Pakaian Latin dan Terjemahan

Konten []
    Runimas.com - Doa ketika berpakaian dan melepas pakaian latin dan terjemahan. Manusia berganti pakaian setiap hari, minimal dua kali sehari yakni ketika pagi sebelum mulai beraktifitas dan ketika malam saat hendak istirahat atau tidur.

    doa ketika berpakaian dan melepas pakaian

    Pakaian yang dikenakan manusia ada banyak macam, mulai dari baju, kaos, celana, daleman, jas, jaket, sweater, kaos kaki, topi, kemeja, sepatu, termasuk aksesoris-aksesoris lainnya yang digunakan di badan atau tubuh.

    Pada saat melepas pakaian dan mengenakannya, ada banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi, terutama karena syaitan menyukai manusia yang tidak berpaaian sehelai benang pun karena akan lebih mudah dipengaruhi melalui bisikan.

    Untuk itu, Rasul SAW menganjurkan kepada kita untuk tidak berlama-lama apabila ingin mengganti pakaian. Cukup sebentar saja untuk berganti pakaian, kemudian diteruskan dengan berdandan atau berhias untuk mempercantik penampilan.

    Dalam sebuah hadits disebutkan pentingnya membaca doa ketika memakai pakaian maupun saat melepas pakaian, diantaranya adalah untuk minta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan syaitan yang terkutuk.

    Selain itu, doa saat berpakaian juga dibaca untuk memohon pertolongan kepada Allah Ta'ala agar kita dapat menjaga sikap saat melepas pakaian supaya tidak melaksanakan perbuatan tidak kriminal kejahatan.

    Doa Melepas Berpakaian

    doa melepas pakaian

    Saat hendak melepas pakaian, membuka baju, menanggalkan busana, hendaknya kita mengawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Doa diucapkan secara pelan dari dalam hati dengan tulus dan ikhlas.

    Adab seseorang yang beriman saat melepas pakaian adalah menyegerakan membuka baju, menanggalkannya di atas ranjang, jangan berserakan di lantai, serta memastikan tidak ada orang lain yang melihatnya, terutama lawan jenis.

    Berikut adalah teks lafadz bacaan doa ketika melepas pakaian, membuka baju baru, bekas, menanggalkan pakaian dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

    بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

    Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa.

    Artinya:
    "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"

    Doa Ketika Berpakaian

    doa ketika berpakaian

    Ketika kita ingin menggunakan baju, memakai pakaian, berpakaian dengan menggunakan atasan dan bawahan, kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa yang dibaca adalah doa untuk berpakaian atau mengenakan baju.

    Doa dapat dibaca ketika kita hendak menggunakan baju atau celana tergantung mana yang lebih duluan. Adab seorang muslim saat memakai baju adalah tidak berlama-lama, tidak bernyanyi atau berteriak ke luar kecuali dalam keadaan terdesak.

    Berikut adalah lafadz teks bacaan doa saat mengenakan baju atau berpakaian dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahsa Indonesia.

    بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

    Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

    Artinya:
    "Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya."

    Atau bisa juga membaca doa khusus ketika memakai pakaian baru baik saat idul fitri, seragam kantor atau sekolah yang baru, dan sebagainya.

    اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

    Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

    Artinya:
    "Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa ketika berpakaian dan melepas pakaian, adab lengkap, doa memakai pakaian baru, doa melepas pakaian sesuai sunnah, doa berpakaian dan bercermin, hikmah, faedah, fadhilah, keutamaan dan keistimewaannya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments