Doa dan Makna Ketika Bercermin Agar Cantik Bercahaya

Konten []
    Runimas.com - Doa dan makna ketika bercermin agar cantik bercahaya. Menjaga penampilan tubuh adalah sebagian dari iman. Baik laki-laki maupun perempuan sangat dianjurkan untuk merawat diri. Salah satu bagian tubuh yang perlu dirawar adalah muka atau wajah.

    doa ketika bercermin agar cantik bercahaya

    Jagalah penampilan muka kita mulai dari pemakaian make up yang tidak berlebihan, penataan rambut, pastikan tidak ada jewarat atau flek hitam, perhatikan soal lipstik, anting, bulu mata, pewangi mulut dan sebagainya.

    Kegiatan merawat muka atau wajah disebut dengan berdandan. Untuk berdandan, kita memerlukan bantuan cermin agar kita bisa melihat secara langsung bagaimana hasil make up atau dandanan kita, apakah sudah cantik atau justru berlebihan.

    Ingatlah bahwa menjaga penampilan memang perlu, namun Allah SWT tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Allah Ta'ala lebih menyukai orang yang berpenampilan natural yang penting bersih dan jauh dari najis kecil maupun besar.

    Namun kadang manusia lupa untuk menjaga penampilan agar tidak berlebihan. Ketika bercermin, banyak wanita atau perempuan (termasuk laki-laki) merasa ingin tampil sempurna sehingga membuat mereka menebalkan make up di wajah.

    Bacalah sebuah doa ketika sedang bercermin agar kita terhindar dari sikap buruk seperti demikian, berdoalah agar selalu ingat akan Allah SWT. Rasul pun menganjurkan kita berdoa saat bercermin atau berdandan supaya cantik dan bercahaya.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa yang dibaca ketika bercermin, bacaan doa yang dilafadzkan saat menghadap cermin, ketika bertatapan dengan cermin, saat ada di depan cermin, doa ngaca, melihat cermin dan sebagainya.

    Doa Ketika Bercermin Agar Cantik

    doa ketika bercermin

    Doa yang ditulis di sini merupakan doa yang diambil dari berbagai sumber dari internet. Doa bersumber dari hadits shahih sesuai sunnah dengan dalil yang terpercaya. Doa yang dibaca ketika bercermin dimaksudkan agar Allah SWT menuntun kita agar tampil cantik dan bercahaya.

    Adab seseorang muslim atau muslimah ketika bercermin di depan kaca adalah tidak berdandan berlebihan, tidak menyombongkan diri atau merasa penampilannya jauh lebih baik dibanding orang lain, tidak merusak peralatan make up atau fashion.

    Berikut adalah bacaan doa saat bercermin agar terlihat cantik, menawan, memesona, menarik, segar, kulit kencang, tanpa keribut, tanpa mata panda, ditulis dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

    1. Doa Bercermin Agar Cantik


    اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَشَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ

    Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

    2. Doa Bercermin Nabi Yusuf


    اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

    Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

    Artinya :
    "Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku."

    3. Doa Bercermin Sesuai Hadist


    الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلْهُ , وَصَوَّرَ صُوْرَةَوَجْهِى فَحَسَّنَهَا , وَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

    Alhamdulillahilladzii sawwaykholqii fa’addalhu. Washowwaro shuurota wajhiifahassanahaa. Waja’alnii minal muslimiina.

    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupa ku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang islam."

    4. Doa Ketika Berhias dan Berkaca


    الَّلهُمَّ حَسَّنْتَ خَلّقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

    Allahumma hassinta khalqii fahassin khuluqii.

    Artinya :
    "Ya Allah, (sebagaimana) Engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku."

    Makna Doa Ketika Bercermin

    Makna atau arti dari doa bercermin, berkaca atau berhias seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila kita melihat terjemahannya adalah kita memohon kepada Allah SWT supaya tidak hanya membaguskan muka atau penampilan fisik, melainkan juga hati dan akhlak.

    Selain itu, kita juga memohon kepada-Nya agar memperindah serta memuliakan fisik kita sebagai penegasan bahwa kita adalah muslim yang menjunjung tinggi kebersihan diri sendiri. Dalam doa ini kita juga menyatakan kepercayaan bahwa segala keindahan yang kita miliki semuanya berasal dari Allah SWT.

    Jadi, itulah makna doa ketika melihat cermin atau kaca. Intinya adalah kita tidak hanya memohon kebagusan rupa fisik, melainkan juga akhlak, perbuatan dan iman kepada Allah SWT. Mungkin ada yang memiliki pendapat lain silahkan berdiskusi melalui komentar.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa ketika bercermin, sesuai sunnah, keutamaan, adab,berhias, berkaca, doa bercermin agar cantik, Nabi Yusuf, sesuai hadist, doa berhias, berdandan, berkaca agar tampil cantik dan menawan.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments