Doa Bepergian Jauh, Mudik, Agar Selamat Sampai Tujuan

Doa Bepergian Jauh, Mudik, Agar Selamat Sampai Tujuan
Konten []
    Runimas.com - Doa bepergian jauh agar selamat sampai tujuan. Seorang muslim dianjurkan untuk mengucap doa setiap akan dan mengakhiri sesuatu, termasuk ketika ingin bepergian jauh dalam rangka liburan, pekerjaan maupun urusan lainnya.

    doa bepergian selamat sampai tujuan

    Membaca doa saat akan bepergian dimaksudkan untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar menyelamatkan kita dari marabahaya, kecelakaan, malapetaka dan hal-hal buruk lain yang mungkin dapat terjadi selama di perjalanan.

    Karena manusia sangat sering bepergian, termasuk pergi ke sekolah, pergi ke rumah mertua, orangtua, saudara, pergi berwisata, maupun mudik lebaran yang kerap dilakukan menjelang hari raya idul fitri dan idul adha, membuat artikel mengenai doa ini sangatlah dirasa perlu.

    Pada kesempatan ini, kita akan sama-sama membahas atau menulis beberapa doa yang bisa dijadikan amalan ketika hendak berangkat atau pergi ke suatu tempat agar selamat sampai tujuan. Silahkan baca masing-masing lafadz doa dan maknanya berikut ini.

    Doa Ketika Bepergian Jauh

    doa bepergian

    Bacalah doa berikut ini saat hendak naik kendaraan ketika ingin bepergian jauh. Doa ini juga dapat diucapkan ketika keluar dari rumah, berada di halte bus, stasiun kereta api, bandara, maupun pelabuhan ketika ingin naik kapal.

    Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam bepergian, meminta kepada-Nya untuk selalu melindungi diri kita beserta keluarga yang hendak menuju suatu tempat yang jauh.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa saat bepergian jauh dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih. Doa yang singkat, ringkas, pendek dan mudah diingat.

    اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

    Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

    Artinya :
    “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

    Doa Agar Selamat Sampai Tujuan

    Saat sudah sampai tujuan, bacalah doa berikut untuk bersyukur kepada-Nya karena telah diberi keselamatan. Segala hal yang terjadi di dunia ini merupakan atas kehendak-Nya, termasuk keselamatan kita dalam perjalanan.

    Doa ini merupakan doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau bepergian dan memasuki sebuah desa, Rasul membaca doa panjang berikut ini. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk mencontoh apa yang diperbuat Nabi Muhammad SAW.

    Dalam doa ini, selain bersyukur atas keselamatan, makna lain yang terdapat di dalamya adalah kita memohon kesejahteraan peduduk di wilayah tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah lafadz doa saat sampai di tujuan.

    أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم لَمْ يَرَ قَرْيَةً يُرِيدُ دُخُولَهَا إِلاَّ قَالَ حِينَ يَرَاهَا :اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ ، وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ ، وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ ، وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ ، فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

    Sesungguhnya Nabi Saw. ketika melihat sebuah desa yang ingin beliau masuki, beliau membaca (doa in) ketika melihatnya; ‘Allahumma rabbas samawatis sab’i wa ma adzlalna, wa rabbal aradhiinas sab’i wa ma aqlalna, wa rabbasy syayathini wa ma adhlalna, wa rabbar riyahi wa ma zarayna fa inna nas-aluka khoiro hazihil qaryati wa khoiro ma fiha. Wa na’uzubika min syarri hazihil qaryati wa syarri ma fiha.

    Artinya :
    “Ya Allah, Tuhan tujuh langit dan apa yang dinaunginya. Tuhan penguasa tujuh bumi dan apa yang di atasnya. Tuhan Yang menguasai setan-setan dan apa yang mereka sesatkan. Tuhan Yang menguasai angin dan apa yang diterbangkannya. Maka kami mohon kepada-Mu kebaikan desa ini, kebaikan penduduknya, dan apa yang ada di dalamnya. Kami berlindung kepada-Mu dan kejelekan desa ini, kejelekan penduduknya, dan apa yang ada di dalamnya.”

    Kesimpulan

    Itulah doa bepergian, naik mobil, bus, motor, pesawat, kapal, kereta api, islam, doa bepergian keluar rumah, jalan-jalan, liburan, doa pergi jauh, umroh, ke masjid, haji, kerja, sekolah, ke pasar, makam, memancing, dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>