Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Akan Mandi Biasa Arab, Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Runimas.com - Doa ketika akan mandi biasa. Ada yang menyebut kebersihan sebagian dari iman, hal tersebut memang benar adanya. Allah SWT menyukai orang yang selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan badan dengan mandi.

doa akan mandi biasa

Setiap hari, setidaknya minimal kita mandi dua kali sehari, yakni pada pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah dan pada petang hari setelah pulang ke rumah. Mandi dilakukan untuk membuang keringat, bau badan dan menyejukkan tubuh.

Mandi juga dilakukan untuk membersihkan najis, yakni mandi wajib yang dikerjakan setelah bersenggama, keluar mani, atau haid dan mandi wiladah yang dilakukan oleh wanita yang baru saja melakukan persalinan atau melahirkan.

Kedua jenis mandi tersebut dilakukan dengan membaca doa terlebih dahulu, namun tidak hanya itu, saat kita mandi biasa pun juga sebenarnya dianjurkan untuk membaca doa namun memang kita jarang mengamalkannya.

Doa sebelum mandi dibaca untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari godaan syaitan karena kamar mandi merupakan salah satu tempat tinggal mereka. Untuk bacaan lafadz doanya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Doa Akan Mandi Untuk Laki-laki

doa ketika akan mandi

Ketika akan mandi, bacalah doa berikut ini sebagai niat melakukan mandi biasa. Doa ini dapat dibaca sebelum masuk ke kamar mandi ataupun ketika sudah berada di dalam kamar mandi dan siap mengguyur badan menggunakan air.

Makna dari doa ini adlaah kita memohon agar dilindungi oleh Allah SWT dari segala godaan syaitan di dalam kamar mandi. Selain itu, kita juga memohon agar segala dosa dan kesalahan dapat diampuni oleh-Nya.

Ada lagi makna dari doa mandi untuk laki-laki ini adalah kita memohon supaya diberkahi rezekinya baik di dalam rumah maupun dalam urusan pekerjaan. Berikut adalah lafadz bacaan doa mandi untuk laki-laki dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَوَسِّعْ لِىْ فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya:
"Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rizkiku."

Doa Akan Mandi Untuk Perempuan

Untuk bacaan akan mandi perempuan, lafadznya tidak berbeda dengan doa yang dibaca untuk laki-laki. Karena makna dari doa ini berlaku secara umum, tidak dikhususkan hanya untuk laki-laki atau untuk perempuan saja.

Berikut adalah lafadz teks bacaan doa akan mandi untuk perempuan sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَوَسِّعْ لِىْ فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya :
"Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rizkiku."

Kesimpulan
Itulah doa akan mandi, doa ketika mandi bunga, hujan, biasa, bersih dari haid, doa akan mandi puasa ramadhan, menikah, doa untuk mandi, hendak mandi, hadas, doa saat mau mandi puasa, pagi, siang, sore, petang, malam pertama, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Akan Mandi Biasa Arab, Latin dan Artinya"